BPBD Palopo : Hujan Deras Mengguyur Hingga Malam ,Ribuan Rumah Terendam

palopo-nshot_64KORANBOGOR.com,PALOPO-Hujan deras yang mengguyur Kota Palopo, Sulawesi Selatan selama lima jam sejak Sabtu 22 Oktober 2016 sore hingga malam tadi mengakibatkan sejumlah sungai yang ada di Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo meluap hingga mengakibatkan ribuan rumah di lima kelurahan di daerah tersebut terendam hingga mencapai 2 meter.

Banjir yang datang secara tiba-tiba membuat sejumlah warga terjebak di rumah mereka sehingga terpaksa dievakuasi. Sementara barang-barang warga terpaksa dibiarkan terendam di dalam rumah mereka.

Banjir yang terjadi merendam lima kelurahan, masing-masing Kelurahan Mancani, Pentojangan, Jaya, Salu Battang, dan Maroangin yang berada di Kecamatan Telluwanua.

Ketinggian air dalam rumah warga bervariasi mulai dari 20 hingga 80 cm. Sementara ketinggian air di pekarangan rumah warga mencapai dua meter lebih. Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam pertanian dan peternakan warga. Meski tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Nuriati, salah seorang warga , bahwa banjir yang datang secara tiba-tiba membuat barang-barang tergenang dan sebagian hanyut disapu air, karena saat ini ketinggian air di rumah mereka telah mencapai dada orang dewasa. Sehingga, ia terpaksa mengungsi ke rumah kerabat mereka.

Buruknya sistem drainase di daerah tersebut diduga kuat menjadi pemicu parahnya banjir. Tak hanya itu banjir yang terjadi juga membuat arus lalu lintas trans Sulawesi terganggu.

Menurut Kepala BPBD Palopo, Hasan, banjir yang terjadi dipicu meluapnya sejumlah sungai sehingga merendam ribuan rumah di lima kelurahan.(Red)

Share this Post :