Paduan Suara Mahasiswa Unissula Meraih Medali Emas Di Thailand

lanna-eenshot_65KORANBOGOR.com,SEMARANG-Firdaus Choir (Fircho) paduan suara mahasiswa Unissula mampu meraih medali emas dalam kompetisi Internasional di Thailand.

Fircho menorehkan prestasi gemilang pada 1st Lanna International Choir Competition di Chiang Mai Thailand yang digelar pekan kemarin (19–23/10).

Kompetisi ini diikuti oleh sedikitnya 50 tim dari 7 negara termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Srilanka, Thailand, China, dan Kroasia.

Tim yang terdiri dari 38 orang dengan konduktor Kurnia Ariati ini meraih golden diploma level 2 di kategori Mix dengan skor 21,75.

Pada kategori ini, mereka membawakan lagu David’s Lamination, Mae-e, Zikr yang berbahasa Inggris, Jepang, dan India. Prestasi yang kedua adalah perolehan silver diploma dengan skor 18,30 di kategori Folklore dengan lagu daerah Meplalian, Soleram, dan Luk luk lumbu.

Menurut Raka Fajar Pratama, ketua Fircho, ini adalah pertama kalinya Fircho memperoleh medali emas pada kompetisi internasional, setelah sebelumnya meraih 2 medali perak di ajang 4th Bali International Choir Competition.

“Jangan berpuas diri, karena kemenangan ini sekaligus ujian untuk lebih berprestasi lagi.” Jelasnya.

Raka Fajar menceritakan sebelum berlaga di Thailand, Fircho mengikuti kompetisi paduan suara tingkat nasional di Semarang, hingga menyelenggarakan konser pre-competition 7 Oktober lalu.

“Banyak tantangan yang kami hadapi, persiapan selama kurang lebih 1 tahun, mulai dari teknis, latihan yang berat, hingga mengumpulkan dana. Namun yang terberat adalah pada persiapan mental, karena kita harus menyatukan 1 tim yang berbeda-beda suku, ras, dan latar belakangnya, hingga berhasil menorehkan prestasi.” Pungkasnya.(Red)

Share this Post :