8 Jajanan Pasar yang Mulai Jarang ,Tapi Wajib Dicoba!

8 Jajanan Pasar yang Mulai Jarang, Tapi Wajib Dicoba!

Tidak hanya kebudayaan, Indonesia juga kaya akan kuliner. Makanan tradisional khas daerah yang tersebar di seluruh nusatara pun tak terhitung jumlahnya. Jenisnya pun beragam, mulai dari kue kering, kue basah, hingga yang rasa manis maupun gurih.

  1. Klepon

urus-enshot_73Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula jawa lalu direbus dalam air mendidih. Setelah selesai dimasak, klepon digelindingkan di atas parutan kelapa sehingga nampak berbalur parutan kelapa. Biasa disajikan di dalam wadah yang berasal dari daun pisang

  1. Cenil

uhr56enshot_73Cenil  merupakan jajanan pasar yang berbahan dasar ketela pohon. Biasanya dibentuk bulat-bulat kecil atau memanjang dengan warna yang beraneka ragam. Pada umumnya Cenil disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula jawa ataupun gula pasir, sehingga memiliki rasa manis dengan tekstur yang kenyal.

  1. Gethuk

gtkenshot_73Jajanan yang berbahan utama ketela pohon atau singkong. Gethuk sendiri merupakan makanan khas Jawa Timur dan Jawa Tengah, sehingga masih tidak terlalu sulit untuk menemukan jajanan ini di daerah tersebut. Biasanya penjual gethuk menggunakan gerobsk untuk berdagang, serta diiringi lagu-lagu daerah jawa saat berkeliling.

  1. Nagasari

ngsenshot_73Sejenis kue basah yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang didalamnya diisi pisang.  Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang atau daun pandan kemudian dikukus sehingga menimbulkan aroma yang khas. Rasanya agak manis dan lembut saat dimulut.

  1. Wajik

wjkenshot_73Wajik ketan terbuat dari beras ketan dengan berbagai rasa yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan dan gula merah. Berbentuk belah ketupat atau jajaran genjang, sedikit berminyak dan terasa lembut. Wajik sendiri memiliki beberapa varian, namun yang biasa dijual adalah wajik ketan.

  1. Jadah

jdhnshot_73Makanan atau kue yang terbuat dari beras ketan dan memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan rasanya gurih. Jadah sudah jarang ditemukan kecuali pada acara atau ritual-ritual tertentu misalnya pada saat lamaran, pernikahan serta acara 7 bulanan untuk balita di pulau Jawa.

  1. Kue Putu

kptenshot_73Kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Jajanan ini biasanya dikukus didalam tabung bambu yang agak dipadatkan. Biasanya penjual kue putu berjualan diiringi suara khas uap yang keluar dari alat suitan, berkeliling saat matahari terbenam hingga larut malam.

  1. Lupis

lpsshot_73Lupis merupakan kue manis yang berbahan dasar beras ketan yang diluluri parutan kelapa dan gula aren. Jajanan ini sangat terkenal terutama di daerah Jawa. Biasa dijual di pasar-pasar tradisional.(Red)

Penulis:Rifaah Zuhanid )

Share this Post :