Geplak Makanan Manis Dari Bantul

 

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Untuk penyuka makanan manis atau sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta, tidak ada salahnya mencoba salah satu makanan khas dari Kabupaten Bantul yaitu Geplak.

Geplak merupakan makanan khas dari Kabupaten Bantul. Geplak berbahan dasar dari parutan kelapa dan gula merah atau gula pasir. Geplak memilki bentuk yang unik dan memilki rasa yang khas.

Geplak ini sangat digemari oleh masyarakat Bantul atau para wisatawan. Geplak memilki bentuk bulat tetapi tidak beraturan dan memiliki warna yang beragam. Seperti merah muda, hijau, coklat, kuning, dan putih.

Terbentuknya Geplak tidak terlepas dari peran Kabupaten Bantul. Pada masa penjajahan kolonial Belanda. Kota Bantul banyak di jadikan lahan perkebunan tebu. Dan banyak pabrik gula yang didirikan di Kota Bantul.

Namun pabrik gula yang masih beroperasi hingga kini hanya tinggal satu yaitu pabrik gula Madukismo.

Selain itu didukung dengan letak geografis Bantul yang berada didaerah pantai sehingga banyak pohon kelapa, Akhirnya munculah Geplak yang berbahan dasar kelapa muda dan gula merah atau gula pasir.

Geplak kini sangat mudah di temukan seperti di toko oleh-oleh, terminal, dan pasar. Geplak juga pas untuk dijadikan buah tangan.

Penulis : Mutia Kansa Putri Muliawati (Red)

 

Share this Post :