Kue Clorot Kue yang Unik Khas Kota Purworejo Berirama

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Purworejo siapa yang tak kenal akan kota kecil Purworejo. Kota yang berata di Pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah ini.  Kota yang sering di juluki Kota Purworejo Berirama ini memiliki kue dan minuman khas pula. Kue khas nya ialah kue clorot dan minumanya ialah dawet ireng.

Di beberapa daerah jajanan kue ini memiliki nama yang berbeda – beda misalnya di Bali dan Lombok di berinama Cerorot, lalu di kalimantan di sebut Jerurut dan di Jawa khususnya di Purworejo di sebut Clorot.

Uniknya walaupun sekilas mirip namannya tapi memiliki rasa yang di memiliki berbeda – beda. Memang unik ya kuliner Indonesia.

Siapa yang tak pernah mendengar istilah kue clorot ? Kue khas yang enak dengan aroma gula jawa serta di gulung dengan daun janur membuat aroma yang khas alami daun janur.

Aroma yang sangat unik inilah yang membuat Parawisatawan tak pernah terlewatkan untuk membeli jajan kue khas yang satu ini apabila sedang berkunjung ke Kota Purworejo dan di samping itu pula kue clorot memiliki rasa yang enak pula. Kue ini sering di jual di pasar – pasar tradisonal. Orang – orang sering menyebutnya sebagai jajan pasar.

Apabila para orag tua yang biasa jika pagi hari pergi ke pasar tradisonal untuk membeli barang kebutuhanya tak pernah terlupakan membeli kue ini untuk oleh – oleh jajanan anaknya yang berada di rumah menunggu kehadiran orang tuanya pulang dari pasar teradisonal.

Kue ini paling di sukai oleh masyarakat yang tinggal di kota Purworejo. Tak heran jika ada Parawisatawan yang apabila sedang berkunjung ke kota purworejo ini selalu membeli kue clorot yang unik ini.

Contoh nya saja saudara saya yang berada di luar pulau Jawa jika dia akan berkunjung ke Kota Purworejo atau akan bersinggah kerumah saya pasti memesan inggin di beli kan kue clorot.

Cara membuat kue clorot ini cukup lah mudah pertama  yang harus kita siapkan ialah corong yang terbuat dari daun janur (daun kelapa yang masih muda).

Untuk pembuatan corongnya ialah dengan menggulung daun janur kearah atas dan pada bagian ujung bawahnya harus kecil dan rapat. Buatlah corongnya menyerupai terompet. Lalu ambilah sebuah lidi sematkan pada bagian mulut corong clorot tersebut.

Yang kedua ialah membuat kue clorotnya masukan tepung sagu dan tepung beras campurakan kedua tepung itu sampai tercampur menjadi satu saat menyampurkan kedua tepung itu jangan lupa sampil diayak.

Masaklah air dengan gula jawa dan garam hingga gula larut Angakat dan saring lah lalu tambahkan santan kedalam air gula jawa sambil dia aduk sampai rata.

Tuangkan larutan gula jawa dan santa yang sudah merata kedalam campuran tepung tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata dan terbentuk adonan yang licin.

Lalu ambil lah corong daun janur tersebut isi dengan adonan clorot hingga memenuhi 3/4 bagian corong clorot. Lakukan cara tersebut hingga semua adonan yang di buat tadi habis.

Masukan corong clorot yang sudah diisi adonan tadi kedalam panci pengukus. Tatalah corong clorot hingga berdiri tegak agar adonan clorot tidak tumpah di dalam panci pengukus. Tunggu hingga 15 menit hingga kue clorot matang . Lalu angkat.

Kue clorot siap di hidangkan.

Cara membuat kue Clorot sangat cukup lah mudah bukan ? Jadi kue clorot ini kue yang enak dan unik. Bagi Parawisatawan yang berkunjung ke Purworejo bolelah mampir ke pasar teradisonal untuk sekedar membeli kue ini sapa tau ketagihan dengan rasa yang unik dan lezat.

Rasa yang di miliki kue ini di jamin gak akan kalah enak dengan kue – kue modern yang muda di temui saat ini. Dan jangan lupa pula untuk berwisata keberbagai tempat – tempat pariwisata yang ada di Kota Purworejo Berirama.

(Red/Penulis:  Dian Riskita/NIM : 2016015362/ Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.)

Share this Post :