Dieng Culture Festival (DCF)

KORANBOGOR.COM, WONOSOBO – Haloo gaes perkenalkan dulu nih saya Titi Khusniah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, sebelumnya kalian tau engga sih apa itu Dieng Culture Festival itu ?? pasti sebagian dari kalian sudah ada yang tau, bagi yang belum tau saya kasih tau ya biar tau hehehe

DCF adalah pagelaran pesta rakyat atau agenda acara budaya pemotongan rambut gimbal terbesar di Wonosobo dan Banjarnegara.

Acara ini adalah sebuah upaya melestarikan budaya yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Dieng Culture Festival diadakan pertama kali tahun 2010, dari yang awalnya cuma sekedar event sederhana dari masyarakat Dieng, kini gaung Dieng culture festival melambung sampai ke berbagai masyarakat. Tahun 2018 mendatang diadakan kembali yakni dengan tanggal dan bulan yang sama yaitu 4,5 dan 6 Agustus untuk ke sembilan kalinya.

Dalam DCF selama 3 hari ini begitu banyak acara yang seru dan dijamin memeriahkan hati dan pikiran, tapi menguras dompet juga sih hehehe, sekali-kali berani hidup mahal buat nyenengin diri ngga papakan…

Selama tiga hari berturut-turut banyak acara yang di suguhkan untuk memuaskan para pengunjung DCF, diantaranya pada malam harinya disuguhkan Musik Jazz atas awan, bagi kalian yang suka sama Musik Jazz di atas gunung berketinggian 2000 meter lebih dengan diselimuti kabut tinggi Dieng, Apalagi kalian datangnya sama pasangan, buat yang jomblo bisa datang sama keluarga, sahabat, teman-teman juga ngga kalah menyenangkan kok, serambi mendengarkan lantunan Jazz atas awan.

Pada hari kedua, pengunjung akan diarahkan untuk menikmati panorama matahari terbit di berbagai puncak gunung Dieng Plateau, diantaranya Gunung prau, dan Bukit Sikunir.

Hal baru lainnya dalam gelaran DCF 2017 yakni Sendratari Rambut Gembel dengan durasi sekitar 60 menit, yang menceritakan legenda rambut gembel di Dieng.

Tibalah acara yang dinanti-nantikan wisatawan yakni Festival Lampion yang akan mulai dilaksanakan pada pukul 20.30 WIB. Kamu akan berkesempatan untuk melepaskan lampion berseta doa dan harapan ke langit,dikesempatan malam yang indah di hiasi warna warni lampion, selalu dimanfaatkan bagi para pasangan entah itu yang sudah menikah atau dengan kekasih tercinta untuk mendokumentasikan keromantisannya, bisa kebayangkan romantisnya gimana, bisa dikatakan romantis yang haqiqi hehehe.

Salah satu gambar Lampion di Dieng Cultur Festival

Nah acara selanjutnya nih gaes yaitu Puncak dari acara DCF yakni ritual pemotongan rambut gimbal. Acara ruwatan atau pemotongan rambut bocah gimbal Dieng yakni suatu upacara atau ritual yang bertujuan untuk mengusir nasib buruk atrau kesialan baik pada si bocah gimbal maupun masyarakat  Dieng.

Pada umumnya Bocah berambut gimbal merupakan sebuah fenomena yang untik dan sudah ada di Dieng sendiri dahulu kala. Dimana anak-anak tertentu yang berusia antara 40 hari hingga 6 tahun tumbuh rambut gimbal di kepalanya secara alami.

Masyarakat Dieng percaya bahwa anak-anak berambut gimbal tersebut merupakan titipan dari Kyai Kolo Dete yang merupakan salah satu seorang pejabat yang pada massa abad ke 14 dimasa  Mataram islam ditugaskan untuk mempersiapkan pemerintahan di dataran tinggi Dieng.

Sebelum acara pemotongan rambut, akan dilakukan ritual doa bersama di beberapa tempat yaitu Candi Dwarawati, komplek Candi Arjuna, Sendang Maerokoco, Candi Gatotkaca, Telaga Balaikemambang, Candi Bima, Kawah Sikiding, Gua Telaga Wrna, Kali Pepek dan tempat-tempat pemakaman Dieng.

Dan keesokan harinya dilakukan Kirab menuju tempat pencukuran selama berkeliling anak-anak rambut gimbal ini kawal para sesepuh, tokoh masyarakat, kelompok paguyuban seni tradisional dan masyarakat.

Ayoo gaes jangan sia-siakan moment yang ada, cuma satu tahun sekali, yakiin nih mau biarin muka kalian pucet gara-gara ngga pernah piknik hehehe, buat kalian yang mau mengikuti acara Dieng Cultur Festival informasi harga tiket ini beda dengan tiket masuk wisata setiap hari-hari biasa, untuk dapat mengikuti acara ini wisatawan harus mempunyai tiket VIP khusus Dieng Festival. (red/penulis : Titi Khusniah )

Share this Post :