Minuman Sampah alias Wedang Uwuh

KORANBOGOR.COM, YOGYAKARTA – Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Minuman ini dijuluki uwuh karena banyaknya rempah-rempah yang digunakan. Jika dicampurkan di dalam gelas maka pada permukaan akan tampak seperti tumpukan sampah yang tidak berguna.

Berbagai rempah-rempah yang menjadi isi wedang uwuh antara lain adalah jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala/daun pala, akar sereh, dan kapulaga. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.

Racikan wedang uwuh terdiri dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, dengan menggunakan pemanis dari gula batu.

Cita rasa dari minuman ini adalah pedas dari jahe, dan rasa segar yang dikeluarkan dari beragam jenis daun-daunan yang diseduh dengan air panas.

Di area terminal Imogiri, Kabupten Bantul, Yogyakarta yang berdekatan dengan komplek makam Raja Mataram, terdapat belasan warung yang menjual wedang uwuh.

Para peziarah maupun wisatawan baik dalam maupun luar Yogyakarta dibuat penasaran dengan minuman unik satu ini.

Tidak hanya segar, wedang uwuh juga diyakini memiliki beragam khasiat karena menggunakan beragam rempah yang selama ini memang terkenal memiliki beragam khasiat.

Jika dilihat dari rempah-rempah yang menjadi bahan membuat wedang uwuh, tentu sudah dapat diperkirakan manfaat minuman ini bagi tubuh. Jahe yang menyebabkan rasa pedas berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol, sehingga baik untuk mencegah penyakit stroke dan serangan jantung. Kayu secang yang menjadikan wedang uwuh berwarna merah, terkenal ampuh mengobati beberapa penyakit seperti sifilis, radang, dan batuk darah.

Meskipun memiliki rasa yang enak dan berkhasiat, tetapi harganya sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 3 ribu tiap gelasnya. Murah dan terjangkau bukan.

Jika anda ingin menikmati wedang uwuh di rumah, para penjaja wedang uwh juga menyediakan racikannya yang telah dikemas dalam plastik.Untuk setiap plastik racikan wedang uwuh, cukup ditebus dengan harga Rp. 2 ribu.

Begitulah sedikit ulasan tentang Wedang Uwuh. Jika anda berkesempatan berkunjung ke Yogyakarta khususnya di Imogiri, jangan lupa untuk menikmati segarnya wedang uwuh. Tak hanya itu anda juga akan mendapatkan khasiat dari minuman ini tentunya. (red/ Penulis :Nurhuda Febriantoro )

Share this Post :