Ewek Ghewek Makanan Kreasi Thiwul

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Dilihat dari namanya memang lucu dan unik, makanan khas dari Gunungkidul, DIY ini muncul sejak tahun 70an.

Pada saat itu Indonesia sedang mengalami krisis moneter (kalau orang Jawa menyebutnya larang pangan). Hanya ada makanan pengganti nasi, yaitu Thiwul (makanan pengganti nasi yang terbuat dari tepung singkong).

Dan lauk pauk pada saat itu pun sulit untuk didapatkan. Orang pada zaman itu berinisiatif untuk membuat lauk menggunakan Thiwul juga. Maka mereka membuat Ewek Ghewek.

Cara membuat Ewek Ghewek pun sangat mudah, seperti membuat thiwul pada umumnya. Tapi saat dikukus dan sudah matang  di beri campuran parutan kelapa muda dengan bumbunya yaitu garam dan bawang yang dihaluskan.

Setelah parutan kelapa matang adonan tersebut diangkat dari Kukusan dan ditumbuk hingga semua tercampur rata. Setelah itu adonan dipipihkan (seperti membuat Gethuk) dan dipotong-potong sesuai selera. Langkah terakhir adalah penggorengan.

Ewek Ghewek ada bermacam-macam jenis tergantung cara membuatnya, ada juga Ewek Ghewek yang dibuat hanya dengan mencapur tepung gaplek dan parutan kelapa muda yang dibumbui garam dan bawang yang dihaluskan kemudian dituangi air panas dan dicetak menggunakan tangan sembari diberi campuran kacang tholo (kacang merah) kemudian digoreng.

Ewek Ghewek jenis ini juga sering disebut dengan cap tiga jari, karena cara mencetaknya menggunakan tangan.

Pada saat ini Ewek Ghewek sudah mulai di lupakan oleh masyarakat karena bahan untuk membuatnya yang semakin hari semakin tidak ada.

Biasanya ewek ghewek dimakan sebagai camilan berat karena bahannya yang penuh karbohidrat. Rasa dari Ewek Ghewek sendiri yaitu gurih, biasanya Ewek Ghewek cocok dihidangkan pada pagi hari dengan teh panas.

(Red/Penulis :Iin Yuniyanti dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta prodi PGSD ).

Share this Post :