Wisatawan Berkunjung Ke Bali Sudah Mencapai 100 Persen

KORANBOGOR.com-Paska erupsi Gunung Agung Bali beberapa waktu lalu sempat membuat pelau usaha pariwisata di pulau dewata merugi. Namun mulai pertengahan bulan ini, kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut sudah pulih. Tingkat hunian hotel sudah mencapai 100 persen.

”Paska erupsi Gunung Agung kemarin, kunjungan wisatawan sempat menurun 30 persen. Ya, kita sempat merugi juga, tapi syukurlah tidak berlangsung lama sehingga tidak sampai merumahkan karyawan,” ungkap seorang pelaku usaha wisata yang tinggal di Ubud, Bali, Ambarwati, saat berbincang melalui aplikasi Whatsapp, Selasa (26/12) pagi.

Menurut dia, mulai pertengan bulan Desember ini, kunjungan wisata berangsur pulih. Hal ini terbukti dengan tingkat hunian hotel mulai meningkat. Pengunjung paling banyak adalah wisatawan domestik, seperti dari Jakarta atau Surabaya. Selain itu, jalan kawasan padat lalu lintas juga sudah mulai macet.

”Kalau di Ubud tidak macet, karena sudah dibuatkan areal parkis khusus. Tapi di Kuta dan di Sanur sudah mulai macet. Ditambah lagi mungkin karena liburan akhir tahun ini,” lanjutnya.

Saat ditanya berapa kerugian saat Gunung Agung Erupsi lalu, dirinya tak mau menyebut secara gamblang.

”Kalau tempat saya paling rugi puluhan juta rupiah saja. Karena waktu itu, restorannya masih ramai,” jelasnya.(Red)

Share this Post :