Kapolri : Budi Gunawan Pensiun Dari Polri,Tetapi Tetap Menjabat Kepala BIN

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian memutasi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan (BG) dalam rangka pensiun.

Informasi mutasi tersebit tertuang dalam Telegram Rahasia (TR) dengan nomor ST/15/I/2018. BG dimutasi menjadi perwira tinggi Baintelkam Polri dan tetap ditugaskan sebagai kepala BIN.

“Pak BG pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun, sesuai regulasi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Muhammad Iqbal melalui pesan singkat, Jumat (5/1).

Selain BG, ada sejumlah personel Polri yang juga dimutasi. Informasi itu tertulis dalam TR dengan nomor ST/16/I/2018.

Irjen Suntana yang sebelumnya menjabat perwira tinggi Baintelkam Polri dimutasi dalam jabatan baru sebagai kepala Polda Lampung. Ia menggantikan Irjen Suroso yang dimutasi sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Irjen Raja Erizman yang menjabat sebagai Kadivkum Polri diangkat menjadi Kapolda NTT. Ia menggantikan Irjen Agung Sabar yang dimutasi menjadi Kadivkum Polri.

Brigjen Priyo Widyanto yang menjabat Kapolda Jambi dimutasi menjadi Kapolda Kaltim. Ia menggantikan Irjen Safarudin yang dimutasi sebagai perwira tinggi Baintelkam Polri dalam rangka pensiun. Safarudin dikabarkan akan maju sebagai calon gubernur Kalimantan Timur.

“Bahwa mutasi adalah rangkaian tour of duty. Itu kan banyak kapolres maupun kapolda, tour of duty itu kan banyak ada juga dalam rangka pensiun,” kata Iqbal.(Red)

Share this Post :