DENGAN TERHUNUSNYA PUSAKA AMBALAN JENDRAL SUDIRMAN KEGIATAN PENGAMBILAN BET SAKA WIRA KARTIKA KORIL 02/BONANG RESMI DI BUKA

KORANBOGOR.com,DEMAK-Koramil-02/Bonang Kodim 0716/Demak melaksanakan upacara pembukaan saka Wira Kartika oleh anak-anak  Pramuka Kec.Bonang Sebagai pembina upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma Siswoyono dalam rangka pengambilan Bet Saka Wira Kartika bagi anggota baru di halaman Makoramil.Sabtu ( 05/01/18).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter anak bangsa khususnya pemuda pemudi yang masih duduk di tingkat sekolah SLTA.

Peserta kali ini diikuti oleh 65 peserta perwakilan dari beberapa Sekolahan yaitu , MA NU 3 Ittihad Bahari Bonang ,SMA Takhassus Al Quran Bonang , MA Miftahul Ulum Karangrejo ,MA Miftahul Ulum Bonang, MA NU 2 Serangan Bonang Serta  perwakilan dari guru pendidik Ibu Ria Umamai dari Manu 3 Ittihad Bahari yg merupakan mantan Saka Wira Kartika binaan Koramil 02/Bonang.

Dalam sambutanya upacara pembukaan Saka Wira Kartika Serma Siswoyono selaku pembina upacara, menyampaikan permohonan maaf bahwa Danramil 02/Bonang tidak bisa membuka/hadir dalam upacara pembukaan dikarenakan ada kegiatan kedinasan yang tidak bisa di tinggalkan.

Pembina upacara dalam sambutan tertulis mengatakan bila kalian yang berada di kegiatan ini adalah generasi muda yang akan kami Didik untuk mencintai Negeri dan Bangsa ini yaitu Indoneia yang kita cintai bersama.

Untuk itu kalian semua harap ikuti apa yang sudah diberikan petunjuk maupun pelajaran oleh kakak kakak kalian yang sudah hadir disini yaitu para Babinsa Babinsa yang sudah terlatih di bidang kepramukaan diantaranya Kakak kalian yaitu Kakak Jumbadi dan Kakak Subakir.

Adapun kegiatan materi yang dilaksanakan dalam pengambilan Bet Saka Wira Kartika diantaranya adalah materi Jelajah.Selama melaksanakan materi jelajah para peserta saka wira kartika mendapat tantangan di pos pos ujian diantaranya sandi morse,menentukan arah dan tujuan di lanjutkan dengan rayapan tali satu,titian tali dua,semaphor,peta dan kompas pionering (PBA)penanggulangan Bencana.

Di tempat yang berbeda  Danramil 02/Bonang Kapten Inf Yasroji saat dimintai keterangan mengatakan “agar para peserta Saka Wira Kartika memiliki jiwa patriotisme dan semangat bela negara yang baik untuk menghadapi tantangan di era Globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat.

Nilai nilai semangat patriotisme yang saat ini sudah mulai luntur sehingga membuat para siswa calon penegak lupa akan nilai-nilai Kejuangan sebagai warga Negara Indonesia yang baik dan militan”.papar danramil.

Danramil pun menambahkan “nanti dalam pelaksanaannya masing masing peserta akan didampingi oleh para babinsa Koramil 02/Bonang selama perjalanan menuju masing masing pos yang akan di singgahi selama materi jelajah”.tambah Danramil.

Dalam kesempatan ini salah satu anggota peserta latihan Saka Wira Kartika  A.Fajrul Faiz menyampaikan bahwa kami dari peserta perekrutan anggota Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang sangat bangga bisa masuk dalam gerakan Pramuka yang langsung dibina oleh bapak bapak TNI.

Sangat berbeda rasanya karena kami peserta latihan sangat bersyukur mendapatkan tentang Navigasi Darat, Baca Peta serta wawasan Kebangsaan, Semoga kedepannya rekan rekan dari Sekolahan yang lain bisa ikut masuk dalam Saka Wira Kartika Koramil Bonang.”ungkap Fajrul.

Kegiatan resmi di buka dengan pencabutan Pusaka Ambalan Jendral Sudirman Koramil 02/Bonamg oleh Serma Subakir sebagai ketua adat Ambalan Saka Wira Kartika (SWK).(Pendim 0716/Demak)

 

Share this Post :