Ditjen Otda Kemendagri Minta Masyarakat Melapor Jika Ada PNS Tak Netral

KORANMBOGOR.com,JAKARTA-Direktur Jendral Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri), Soni Sumarsono, meminta masyarakat ikut memantau perilaku Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada Serentak 2018 mendatang, khususnya yang nanti menjabat sebagai penggati kepala daerah yang mencalonkan kembali.

Menurut Sumarsono, jika masyarakat melihat gelagat tidak netral dari PNS/ASN, maka ia pun meminta masyarakat segera melaporkannya kepada pihak terkait.

“Kemendagri memantau mengenai hal itu (netralitas PNS/ASN), apabila memang publik mengetahui ada hal yang tidak netral, saya kira dengan dukungan dan bantuan media silahkan dapat dilaporkan,” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Sumarsono menegaskan, pihaknya akan jadi yang terdepan dalam mengambil tindakan jika ada ANS/PNS yang tidak netral.

“Kami adalah orang pertama yang akan melakukan tindakan apabila ada pejabat Plt yang adanya keberpihakan dan tidak netral,” ujarnya.

Sumarsono menyampaikan, netralitas PNS/ASN merupakan sebuah hal yang mutlak dilakukan.

“Netralitas penyelenggara negara, netralitas pejabat, netralitas pelaksana tugas, pejabat sementara itu memang menjadi syarat mutlak dan harus diperhatikan,” pungkasnya. (Red)

Share this Post :