PDIP Usung Puti Guntur Soekarno Dampingi Gus Ipul di Jatim

KORANBOGOR.COM, Jakarta – PDI Perjuangan mengusung Puti Guntur Soekarno sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur pendamping Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Puti menggantikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang memutuskan mundur.

Gus Ipul telah mengambil surat keputusan rekomendasi pencalonan di Pilgub Jawa Timur bersama Puti di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Rabu (10/1).

Hal itu dibenarkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP Bambang Dwi Hartono saat dikonfirmasi wartawan terkait pengambilan SK Gus Ipul-Puti.

“Iya (ngambil SK di DPP Lenteng Agung). Nanti biar Ibu aja yang langsung mengumumkan,” kata Bambang di kantor DPP PDIP Diponegoro singkat.

Azwar Anas mengundurkan diri setelah foto syur yang diduga miliknya tersebar di dunia maya. PDIP kemudian menentukan sejumlah nama sebagai penggantinya.

Nama Puti mulai santer terdengar sebagai pengganti Abdullah Azwar Anas untuk mendampingi Gus Ipul sejak Selasa (9/1). Cucu Proklamator Soekarno itu juga dikabarkan sudah bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sejumlah nama seperti Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah, Bupati Ngawi Budi Sulistiono dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari bahkan sempat digadang mendampingi Gus Ipul. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kemarin.

Puti saat ini merupakan anggota dewan di Komisi X DPR. Nama Puti sebelumnya sempat masuk pencalonan sebagai bakal cagub PDIP di Jawa Barat sebelum resmi mengusung TB Hasanuddin-Anton Charliyan.

Pagi tadi, Gus Ipul menjemput surat rekomendasi dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera. Dukungan PKS ini diberikan tanpa syarat, termasuk pemilihan bakal cawagub pendamping Gus Ipul.

Dengan ini total kursi dukungan yang dikantongi Gus Ipul sebesar 45 kursi. Jumlah itu berasal dari PKB 20 kursi, PDIP 19 kursi dan PKS 6 kursi.

Hari ini merupakan pendaftaran terakhir bagi calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur yang akan mengikuti pilkada 2018. Setelah Azwar Anas mengundurkan diri, Gus Ipul belum memiliki calon wakil hingga pagi tadi.

Sementara rivalnya, pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak telah mendaftarkan diri ke KPUD Jatim. Pasangan ini diusung oleh enam parpol, yaitu Demokrat, Golkar, PPP, NasDem, Hanura, dan PKPI.  (red)

Share this Post :