Kerjasama Dengan Angkasa Pura II ,BRI Siapkan Layanan Non Tunai

KORANBOGOR.com,JAKARTA-PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali menjalin kerja sama dengan sesama badan usaha milik negara (BUMN). Kali ini BRI menggandeng PT Angkasa Pura (AP) II untuk penerapan layanan nontunai.

Nanti, BRI melayani transaksi nontunai untuk semua tenant AP II. Layanan yang diberikan berupa e-payment system yang meliputi transaksi penerimaan dan monitoring data transaksi di semua bandara.

Ada 13 bandara milik AP II yang akan mengikuti penerapan e-payment tersebut. Jika penerapannya lancar, akan ada sembilan bandara lagi yang menggunakan e-payment system dari BRI. Tak hanya untuk tenant di bandara, BRI juga melayani berbagai jasa pembayaran secara nontunai dari pengunjung bandara.

Direktur Kredit Menengah, Korporasi, dan BUMN BRI Kuswiyoto mengatakan, ada banyak potensi bisnis yang bisa digali lewat kerja sama dengan AP II.

”Sebab, belum sampai separo dari masyarakat kita yang menggunakan e-payment. Kami tidak hanya menggandeng tenant dan pengunjung bandara. Tetapi, karyawan AP II serta keluarganya juga bisa ditawari banyak produk BRI,” ujarnya saat penandatanganan nota kesepahaman antara BRI dan AP II kemarin (11/1).

Dia menambahkan, BRI menargetkan fee based income dari penyediaan layanan nontunai di bandara. Hingga akhir September 2017, tercatat fee based income BRI sebesar Rp 7,4 triliun atau tumbuh 12,7 persen secara year-on-year (yoy).

Kontributor terbesar fee based tersebut berasal dari fee transaksi e-banking, yakni mencapai 28 persen dari total fee based income. Tahun ini BRI menargetkan fee based income tumbuh double-digit.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis AP II Daan Achmad menyatakan, adanya e-payment system dari BRI membuat setiap transaksi di bandara dapat tercatat dengan detail dan lebih mudah diawasi. Selain itu, perseroan dapat melakukan efisiensi untuk rekonsiliasi data transaksi.

”Kegiatan transaksi keuangan di bandara harus meningkat. Jadi, perlu di-support agar menjadi lebih mudah, paperless, traceable, dan yang terpenting reliable,” jelasnya.

Daan pun berharap kerja sama dengan BRI tidak putus hanya untuk layanan nontunai di bandara. Dia mengaku membuka lebar peluang untuk BRI memasarkan produk kredit untuk karyawan AP II.

Dia berharap BRI merambah kerja samanya untuk AP I agar lebih banyak bandara yang menerapkan e-payment system.

”Sebab, AP I itu saudara buat kami, jadi ada baiknya BRI juga masuk ke sana (bekerja sama dengan AP I, Red),” tuturnya. (Red)

Share this Post :