Jenderal Gatot Yakin Marsekal Hadi Mampu Hadapi Tahun Politik

KORANBOGOR.com, Jakarta – Jenderal Gatot Nurmantyo meyakini Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjhajanto mampu menghadapi tahun politik 2018-2019 jika kelak menjabat Panglima TNI.

“Kami yakin bahwa Pak Hadi mampu memimpin khususnya menghadapi tahun politik,” ujar Gatot di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/12).

Gatot mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat tepat memilih Hadi sebagai Panglima TNI. Selain telah menjabat sebagai KSAU, dua jenderal lain yaitu Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi akan pensiun sebelum dan pada 2019.

“Karena mengawal pesta demokrasi di tahun politik itu bukan hanya 2018 sampai akhir 2019. KSAD 1 Juni pensiun, KSAL Januari 2019 pensiun,” kata dia.

Gatot juga meyakini Hadi telah memahami konstelasi politik 2018 dengan serangkaian Pilkada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Papua melalui pembelajaran di Pilkada DKI Jakarta 2017.

“TNI bisa menjadi penengah apabila netral,” ujar Gatot.

Hadi saat ini tengah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Hadi pun telah menyampaikan visi dan misinya di hadapan Komisi I.

Uji kelayakan kini digelar tertutup untuk membahas program prioritas TNI selama Hadi menjabat nantinya. (red)

Share this Post :