Tempat Wisata Bumi Bangun Lestari Di Kabupaten Berau

KORANBOGOR.com, Berau merupakan kabupaten dari provinsi kalimantan timur, dan sekaligus merupakan Wilayah Daratan dan Pesisir Pantai yang memiliki Sumber Daya Alam, dimana wilayah daratan terdiri dari gugusan bukit yang terdapat hampir disemua kecamatan terutama Kecamatan Kelay yang mempunyai perbukitan Batu Kapur yang luasnya hampir 100 Km2.

Sementara didaerah Kecamatan Tubaan terdapat perbukitan yang dikenal dengan Bukit Padai. Daerah pesisir Kabupaten Berau terletak di kecamatan Biduk-Biduk, Talisayan, Pulau Derawan dan Maratua yang secara geografis berbatasan langsung dengan lautan.

Kecamatan Pulau Derawan terkenal sebagai daerah tujuan wisata yang memiliki pantai dan panorama yang sangat indah serta mempunyai beberapa gugusan pulau seperti Pulau Sangalaki.

Masyarakat berau termasuk haus akan tempat rekreasi. Maka dari itu bila terdapat tempat baru yang dapat menarik perhatian dan minat masyarakat, maka masyarakat akan  mengunjungi tempat itu apalagi bila tempat itu tidak jauh dari pemukiman kota.

Banyak masyarakat yang lebih memilih tempat wisata alami untuk dijadikan sasaran untuk menghabiskan waktu libur yang di miliki, dengan alasan yang beragam dari yang ingin menghilangkan jenuh akan rutinitas atau kesibukan perkotaan dan masih banyak alasan yang lainnya.

Tapi, dimana tempat wisata yang masih kelihatan asri dan tidak terlalu jauh untuk di datangi? Tentunya kalian sudah tau bukan bahwa Berau memiliki banyak tempat wisata yang dapat memanjakan mata seperti contohnya di Biduk-biduk disana terdapat pantai yang indah dengan pasir putihnya tapi untuk kesana memerlukan waktu yang lama walaupun begitu pasti akan terbayar dengan melihat keindahan pantainya.

Disini saya tidak akan membahas tentang keindahan dari pantai biduk melainkan wisata yang baru berjalan kurang lebih 8-9 bulan tetapi peminat yang berkunjung kesana cukup antusias dikarnakan tempat yang cukup dekat  dengan kota, bila dari kota kira kira hanya menempuh 30-45 menit perjalanan saja untuk sampai ke tempat wisata ini.

Dan belum lagi disini menyajikan pemandangan yang cukup asri bila di Yogyakarta memiliki tempat wisata hutan pinus mangunan di Berau menyediakan tempat wisata dengan tema yang sama tetapi berbeda karana bukan pohon pinus yang tumbuh melainkan pohon karet yang berdiri tegak dan berbaris dengan rapi.

Hutan karet ini menawarkan pemandangan yang indah untuk banyak orang menghabiskan waktu mereka disana untuk berkumpul bersama teman maupun bersama keluarga mereka, ada yang melakukan piknik besar sampai dengan hanyasebatas berjalan-jalan.

Disana tidak hanya menyediakan pemandangan yang asri tetapi ada tempat bermain anak anak, tempat untuk berfoto ria bersama teman maupun bersama keluarga, tempat melakuakan outound juga tersedia disana.Tempat wisata ini bernama Bumi Bangun Lestari atau dikenal BBL,

letak tempat wisata ini terletak di kampung Trans Bebanir Bangun kec. Sambaliung Kabupaten Berau. Biaya tiket masuk untuk mengahabiskan waktu di tempat ini tidak terlalu mahal bahkan terjangkau untuk semua orang yaitu sebasar Rp 5000 saja/ orang balita tidak termasuk, untuk biaya parkir tidak di pungut biaya. Tempat wisata ini termasuk masih masa pembangunan, walaupun masih masa pembangunan tetapi tidak mengganggu pengunjung tetapi malah menjadi perhatian pengunjung.

(red/Penulis :Nama : Risky Eka Nugraha/Nim : 2016015100/Universitas sarjanawiata Tamansiswa (UST) /Fakultas Keguruan dan Pendidikan (FKIP)Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Share this Post :