180 Ribu ASN Akan Berkantor di Kaltim

Hukum

KORANBOGOR.COM.DEPOK. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin mengatakan 180ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian atau Lembaga (K/L) pusat yang akan pindah ke ibu kota negara baru, di Kalimantan Timur (27/08).

“Kita (KemenPAN-RB) sudah data, yang berada di kementerian lembaga dan badan badan itu yang di tingkat pusat itu jumlahnya 180 ribu ASN,” Kata MenpanRB kepada pewarta.

Dirinya mengungkapkan, nantinya dari jumlah tersebut diperkirakan 30 persen ASN tidak ikut pindah, lantaran saat masa pemindahan yang direncanakan mulai 2024, 30 persen ASN dari jumlah itu akan memasuki masa pensiun.

“Mereka juga sebagian itu akan pensiun, paling tidak ada yang kena pensiun tahun ini, tahun depan atau nanti 2021 atau sampai 2024,”ungkap Syarifudin.

Menpan berharap para ASN tidak perlu khawatir berlebih terkait pemindahan ke ibu kota baru ini.

“Pemindahan ibu kota itu adalah niatan ya g baik, bagi sebuah bangsa yang mau maju. Yang kedua, mari kita berpikir begini, tidak ada satu pun negara di dunia ini manakala mengambil kebijakan akan membuat susah aparatnya, atau masyarakatnya. Pasti manfaatnya akan besar bagi siapapun. Khususnya ASN,”harapnya.

Beberapa hari lalu,Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi ibu kota baru berada di Kalimantan Timur tepatnya di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegera dan Kabupaten Penajam Paser Utara.