Adanya Permasalahan Di Lingkungan Sekolah Dasar

Hukum

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Sekolah merupakan tempat untuk mendidik serta mengembangkan kemampuan anak dari lahir maupun batinnya. Sekolah juga merupakan tempat terbaik anak untuk berinteraksi dengan temannya,guru atau juga yang lain yang berada di lingkungan sekolah.

Disekolah pula anak sudah memasuki masa peralihan, yang dalam konteks ini kemampuan anak untuk bisa memilah pergaulan antara yang baik dengan yang buruk.

Adanya sekolah diharapkan agar bisa melahirkan suatu penerus generasi bangsa yang berbudi pekerti baik.

Keluarga, Nusa, Bangsa dan Agama sangat berharap SD dapat mendidik siswa-siswinyamenuju ke hal-hal yang positif dalam membentuk karakter yang baik.

Namun, dalam era globalisasi ini informasi sangatlah mudah didapat, baik maupun buruk pada saat ini sudah banyakn kasus tentang kenakalan anak dan juga susah diaturnya anak SD sekarang ini.

Misalnya saja anak SD yang sudah berani melawan orang tua ataupun guru, merokok , berkelahi dan lainnya.

Hal tersebut sangat membuat jengkel orang tua maupun guru. Setiap tahun bahkan bulan pasti ada permasalahan kenakalan anak dan guru harus menghadapi dan mendidik anak didiknya.

Adanya kenakalan anak dan susah diaturnya anak didik, guru dituntut harus berpikir kreatif dan inovatif. Hal tersebut dilakukan agar kondisi/ suasana belajar di sekolah bisa menjadi kondusif.

Tugas guru adalah mendidik, memberi arahan ke hal yang positif, dan menuntun anak didik agar tidak terjerumus ke pergaulan yang negative.

Guru juga berusaha untuk mengikuti dunianya si anak tersebut, karena anak didik Sekolah Dasar masih belum bisa menyesuaikan dunianya dengan orang dewasa.

Setelah hal tersebut berhasil, perlahan-lahan anak didik akan mulai nyaman dan disitulah langkah guru untuk bisa memulai mengatur anak didik agar bisa kondusif.

Dari semua cara menghadapi permasalahan yang selalu muncul di lingkungan SD, memberikan suatu pelajaran tidak hanya anak Sekolah Dasar saja, tetapi juga gurunya dalam menanggapi dan mengatasi sikap dan perilaku anak didiknya yang begitu beragam dari berbagai sikap, sifat, dan perilaku.

(Red/ Dika Rizki Fitriyanto(Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa ))