Alat Penjerap Asap Rokok Karya Mahasiswa Undip Raih Silver Medal di Ajang Internasional Pi-ENVEX 2020

Bogor Now Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR.com,SEMARANG-Pada ajang Perlis International Engineering Invention & Innovation Exhibition (PI-ENVEX 2020) yang diselenggarakan secara online pada bulan Mei 2020,Enam mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang terdiri dari Annisa Syifaurrahma, Amelinda Dhiya Farhah,Aulia Ekadenti.Fitria Rahmasari,Hibatin Wafiroh, dan Synta Mutiara Bunga Wulandari berhasil mendapatkan Silver Medal pada kategori Biotechnology,Health,and Chemicals.

Pi-ENVEX sendiri merupakan ajang internasional yang diselenggarakan oleh Universiti Malaysia Perlis untuk penemuan terbaru di bidang riset dan teknologi.Adapun inovasi yang dibuat oleh tim ini adalah alat penjerap gas karbon monoksida asap rokok.

Adanya alat ini didasari adanya keprihatinan terhadap jumlah perokok di Indonesia,dimana berdasarkan laporan Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA) pada tahun 2016, jumlah perokok di Indonesia mencapai 65,19 juta orang atau setara 34% dari total penduduk di Indonesia pada tahun tersebut.

Alat penjerap ini diberi nama RedBox (Reducing Carbon Monoxide Level from Cigarette Smoke by Activated Carbon). RedBox sendiri berukuran 20 x 10 x 8 cm dan bersifat portable, penggunaanya yaitu untuk ruangan tertutup berukuran kurang lebih 3 x 4 meter atau setara dengan kapasitas ruang kerja.

Cara kerja alat ini yaitu saat gas yang mengandung CO dari asap rokok memasuki RedBox,kemudian gas akan mengalir dan terserap ke dalam filter yang mengandung karbon aktif.

Gas CO yang keluar setelah melalui proses penyerapan dalam filter akan terdeteksi oleh sensor MQ-7 dan kemudian diolah datanya oleh mikrokontroller Arduino.Hasil pengukuran kadar CO akan ditampilkan di layar LCD pada RedBox dan akan menunjukan kadar CO yang lebih rendah dibawah baku mutu.

C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2020-03-09 at 20.02.34.jpeg

Produk RedBox yang dapat digunakan untuk menjerap gas CO dari asap rokok

Dalam mengikuti ajang ini, tim RedBox didukung oleh beberapa pihak, dengan sponsor yaitu PT PLN (Persero) yang ikut memberikan bantuan untuk pembuatan alat dan registrasi lomba.

Dengan prestasi yang telah diraih ini, tim Redbox berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berharap alat yang sudah dibuat dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat bermanfaat untuk meminimalkan dampak gas CO dari asap rokok.

(Red/Rahma mahasiswa UNDIP.)