Anak SD Di Era Milenial Perlu Pendidikan Karakter

Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan mendidik yang diperuntukan bagi generasi selanjutnya.

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan dari individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hiidup yang lebih baik.

Generasi milenial adalah generasi yang identik dengan penggunaan media sosial. Kita tahu bahwa dalam media sosial semua informasi bisa di dapatkan, mulai dari positif hingga negatif.

Rasa ingin tau anak usia SD umumnya sangat tinggi dan akan mudah dipengaruhi oleh apa yang dilihat dan di aksesnya melalui internet.

Jika yang ditiru adalah hal yang positif tentu akan menambah nilai diri siswa tersebut, namun bila negatif akan mengurangi nilai diri siwa tersebut.

Karakter siswa milenial memang jauh berbeda dengan siswa zaman sebelumnya.Keleluasaan dalam mengakses berbagai informasi yang dilakukan oleh para siswa dengan dukungan teknologi memang memberikan kemajuan luar biasa dalam cara berfikir.

Pendidikan karakter sangat penting keberadaannya karena dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter peserta didik yang baik.

Namun,Siswa milenial mempunyai tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi sehingga sering tidak sadar sikap mereka tidak terkontrol terhadap gurunya.

Di era milenial sekarang sudah banyak kasus-kasus siswa bersikap tidak baik terhadap gurunya.

Sikap negatif siswa kepada guru yang pernah terjadi contohnya mengajak gurunya berkelahi serta bersikap cuek dengan perintah gurunya.

Murid SD di Surabaya Melawan Guru Karena Ditegur merokok

Generasi milenial sangat perlu adanya pendidikan moral atau pendidikan karakter, pendidikan karakter pun dapat dimulai dari usia Sekolah Dasar. Seorang anak akan mudah mengikuti hal yang baik mapun hal yang buruk yang datang dari lingkungan sekitarnya.

Anak usia SD perlu diarahkan pula dalam berinteraksi dengan masyarakat dan teman sebaya agar anak dapatbermain, tumbuh dan berkembang di lingkungan yang baik sehingga karakter anak akan terbentuk dengan baik.

Di era milenial guru tidak hanya mengajarkan konsep karakter yang baik, tetapi bagaimana mengarahkan peserta didik untuk dapat mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari.

Guru juga sebagai panutan harus menerapkan karakter yang baik pada dirinya sendiri.

(Red/Dea Dwi CahyaNIM : 2018015060Asal : BelitungStatus : Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta