Bapenda Kota Semarang : Hari Sabtu Tetap Buka Untuk Pelayanan PBB

Hukum

KORANBoGOR.com,SEMARANG-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, membuka tambahan hari bagi pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Sabtu yang biasanya merupakan hari libur kerja, akan ditambahkan menjadi hari aktif.

Tambahan layanan tersebut hanya berlaku hingga akhir Agustus. Kegiatan itu merupakan bagian dari layanan prima yang ingin diberikan OPD ini kepada masyarakat di Kota Semarang. Selain itu, kegiatan juga dilaksanakan dalam rangka mengejar waktu jelang jatuh tempo pembayaran PBB yang akan berakhir pada 31 Agustus.

‘’Kami ingin memberitahukan kepada wajib pajak (WP), bahwa pembayaran PBB antarbank dan Real Time Gross Settlement (RTGS), diberi kesempatan hingga Jumat (30/8) pukul 14.00. Pembayaran secara tunai diberi kesempatan hingga Sabtu (31/8) pada pukul 12.00. Sabtu biasanya hari libur kerja, tapi khusus Agustus akan tetap buka.

Jadi, akan ada tambahan tiga hari kerja di bulan ini,’’ ujar Kabid Pajak Daerah 1 pada Bapenda Kota Semarang, Saryono, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/8).

Kondisi ini, sebut dia, berbeda pada saat jatuh tempo pembayaran PBB tahun sebelumnya yang berakhir 31 September 2018. Di mana hari kerja tetap berlangsung seperti biasanya. Selain itu, Saryono menambahkan jika wajib pajak yang mampu menyelesaikan pembayarannya sebelum waktu jatuh tempo, akan diikutkan dalam undian PBB.

Berhadiah utama satu unit rumah tipe 36, satu unit mobil, sejumlah sepeda motor, dan hadiah menarik lainnya.
Undian tersebut dimaksudkan untuk merangsang masyarakat agar mau melakukan pembayaran hingga batas waktu jatuh tempo. ‘’Kami melakukan ini dalam rangka memaksimalkan target yang ada.

Harapannya, masyarakat akan mampu berdatangan untuk melakukan pembayaran sebelum batas akhir jatuh tempo. Selain itu, bagi wajib pajak yang membayar melewati batas waktu akan dikenai denda sebesar 2 persen dari ketetapan pokok pajak PBB,’’kata dia. . (red)