Berkas Kasus Dugaan Makar Eks Kapolda Metro Siap Ke Kejati DKI Jakarta

Hukum

kORANBOGOR.com,JAKARTA-Polda Metro Jaya tengah berusaha menyelesaikan proses pemberkasan kasus makar dengan tersangka Komjen (Purn) Sofyan Jacob. Rencananya, berkas bakal segera dikirim ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, berkas itu akan dikirim besok (5/7). “Berkas akan dikirim pekan ini. Jumat, kirim berkas ke kejaksaan,” ujar dia kepada wartawan, Kamis (4/7).

Menurut Argo, nantinya pihak Kejati DKI Jakarta akan memeriksa berkas tersebut. Kalau berkas kasus dinyatakan lengkap, maka polisi diminta segera menyerahkan tersangka dan barang bukti agar kasus segera masuk ke persidangan. Namun, apabila berkas kasus belum lengkap, maka berkas akan kembali dikembalikan ke pihak kepolisian.

Argo menambahkan, dikarenakan berkas sudah hendak dilimpahkan, sehingga tak ada lagi pemeriksaan yang akan dilakukan. “Enggak ada (pemanggilan lagi). Sudah cukup keterangan yang ada,” imbuhnya.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Sofyan Jacob sebagai tersangka kasus dugaan makar.

Penetapan status tersangka kasus itu diduga berkaitan dengan ucapan Sofyan Jacob yang juga mantan kapolda Metro Jaya itu melalui rekaman video yang beredar di media sosial. Sofyan dilaporkan warga yang juga pihak pelapor politikus PAN Eggi Sudjana dalam kasus sama.

Sofyan disangkakan melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Sofyan Jacob diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.