Chelsea Tumbang VS Everton

Hukum Internasional

KORANBOGOR.com,LIVERPOOL-Hasil negatif dicatatkan Chelsea usai menelan kekalahan 1-3 atas Everton di Goodison Park, Sabtu (7/12) malam. Tiga gol Everton yang dicetak Richarlison dan Dominic Calvert-Lewin, hanya bisa dibalas sekali oleh Chelsea melalui Mateo Kovacic.

Main di kandang sendiri, Everton membuka skor di menit kelima, setelah Djibril Sidibe melepaskan umpan dari sisi kanan, lalu disundul Richarlison, yang mengungguli Andreas Christensen dan menjebol gawang Kepa Arrizabalaga. Setelah unggul, Everton makin ngotot dengan terus memberi tekanan kepada para pemain Chelsea yang menguasai bola.

Serangan Everton kembali mengancam gawang Chelsea. Umpan terobosan Walcott mengarah kepada Dominic Calvert-Lewin yang masuk ke kotak penalti lalu diakhiri dengan tembakan mendatar, tapi ditepis Arrizabalaga.

Chelsea sempat mengancam setelah Willian bergerak di sisi kanan melepaskan diri dari kawalan Lucas Digne , lalu melepaskan umpan ke tiang dekat. Bola sempat mengenai kaki Abraham, tapi tak mengarah ke gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Everton menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, Everton langsung tampil agresif dan menggandakan keunggulan pada menit ke-49. Memenangi duel udara dengan Christensen, Calvert-Lewin lantas menguasai bola di kotak penalti, lalu melepaskan tembakan mendatar dengan kaki kanan untuk menaklukkan Arrizabalaga. Gol tersebut sempat dicek melalui VAR karena Calvert-Lewin diduga melakukan handball, namun pada akhirnya disahkan.

Tiga menit berselang, atau pada menit ke-52, Chelsea memperkecil skor yang diawali halauan Digne, di mana bola justru mengarah ke Mateo Kovacic yang ada di luar kotak penalti dan langsung disambar dengan sepakan yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Everton. Meski VAR sempat mengecek dugaan offisde terhadap Abraham, namun gol dinyatakan sah.

Everton kembali menebar ancaman, kali ini lewat serangan balik, di mana Walcott menggiring bola hingga ke kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang, namun ditepis Arrizabalaga. Sementara itu, Chelsea terus berupaya mencetak gol penyeimbang, namun mereka justru melakukan blunder yang berujung gol untuk Everton pada menit ke-84.

Bola yang dioper Arrizabalaga justru mengarah ke Walcott yang kemudian mengoper kepada Calvert-Lewin lalu diteruskan kepada Davies yang dapat kawalan ketat dari pemain belakang Chelsea. Bola liar kemudian disambar oleh Calvert-Lewin dan bergulir ke dalam gawang melewati kaki Arrizabalaga. Skor 3-1 untuk kemenangan Everton bertahan hingga laga berakhir.

Dengan hasil ini, Everton naik empat tingkat untuk keluar dari zona degradasi. Everton kini menempati posisi ke-14 klasemen Liga Inggris dengan 17 poin. Sementara Chelsea tak beranjak dari posisi keempat dengan 29 poin.