Dedikasi Sepenuh Hati, DPMPTSP Persembahkan Juara Umum Kompetisi Kinerja Kehumasan Nasional untuk Warga Ibu Kota

Bogor Now Hukum Nusantara Wisata

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta berhasil mengharumkan nama Pemerintah Provinsi (Pemprov.) DKI Jakarta di kancah Nasional lewat kemenangannya dalam kompetisi paling bergengsi dan paling komprehensif pada dunia Komunikasi di Indonesia, Anugerah Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020.

Tak tanggung- tanggung, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta menyabet sembilan penghargaan sekaligus dalam ajang kompetisi tahunan sebagai barometer keberhasilan kinerja kehumasan bagi setiap institusi dan korporasi dengan total diikuti oleh 534 entry pada tahun 2020 ini, yang merupakan tahun kelima penyelenggaraan PRIA tersebut.

“Ini merupakan kali pertama Pemprov. DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta mengikuti Anugerah PRIA dan langsung meraih Platinum Awards (Juara Umum) untuk kategori Pemerintah Provinsi” tutur Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra saat wawancara daring, Selasa, (21/4/2020).

Benni menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya kepada jajaran dan keluarga besar DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta yang telah membuktikan kinerja nyata serta telah mengharumkan nama baik Pemprov. DKI Jakarta dalam Anugerah PRIA 2020.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh warga Ibu Kota yang telah mengurus Sendiri perizinan/nonperizinanya dan menjadi pemicu bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai Solusi Investasi dan Perizinan di Jakarta,” ujar Benni.

Benni menambahkan, pengelolaan komunikasi yang efektif menjadi kunci kesuksesan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam menghadirkan pelayanan publik yang prima bagi warga Ibu Kota.

Program Komunikasi melalui Pendekatan Kehumasan menjadi sangat penting untuk dilakukan, yakni sebagai “jembatan” antara instansi dengan publiknya.

Praktisi Humas adalah garda terdepan dalam menjaga citra instansi, bahkan saat krisis terjadi, Praktisi Humas harus mampu berpikir dua sisi yaitu apa yang dilakukan saat masa krisis dan apa yang akan dilakukan setelah masa krisis dilewati.

“Dalam memberikan pelayanan publik dibutuhkan pendekatan komunikasi dua arah dengan masyarakat. Pemerintah terus menciptakan begitu banyak inovasi, namun jika tanpa dikomunikasikan maka inovasi tersebut tidak akan berarti bagi publik, oleh karenanya komunikasi yang efektif penting untuk terus dibangun oleh setiap instansi dan lembaga, termasuk DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta,” imbuh Benni.

Sembilan Penghargaan Sekaligus

Dihubungi secara terpisah Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi yang dinobatkan sebagai Best Presenter dalam Anugerah Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020 mengungkapkan rasa syukur atas kepercayaan serta kesempatan yang diberikan untuk mempresentasikan “wajah” Komunikasi Publik yang dilakukan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta di hadapan Juri PRIA 2020.

“Alahmdulillah, PRIA 2020 sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk menyampaikan bagaimana cara kerja Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sebagai contoh baik bagi insan Humas, Program- program apa saja yang telah kami lakukan, serta menunjukkan wajah birokrasi yang baru, yang dekat dan selalu hadir ditengah- tengah masyarakat,” ujar Rinaldi.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya senantiasa melakukan serangkaian program penyuluhan melalui pendekatan kehumasan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat hingga menyentuh aspek afektif atau sikap yang kemudian mampu menciptakan perilaku masyarakat agar mengurus izin dan nonizin secara mandiri tanpa menggunakan pihak ketiga, melalui kampanye publik “Urus Izin Sendiri Itu Mudah”.

“sembilan penghargaan yang berhasil kami raih merupakan rangkaian pekerjaan yang kami lakukan pada tahun 2019 lalu dimana kami benar- benar turun ke tengah masyarakat, secara konsisten kami melakukan kampanye publik baik secara offline maupun online melalui kanal- kanal digital.

Konten- konten yang kami hadirkan selalu dikemas mengikuti tren namun tetap memiliki unsur edukasi, nilai berita dan hal- hal positif yang dapat kami tularkan untuk menggerakkan masyarakat agar mengurus sendiri perizinan dan nonperizinannya,” imbuh Rinaldi.

Berdasarkan seleksi dan penilaian yang komprehensif, Dewan Juri PRIA 2020 memutuskan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Kategori sebagai berikut :

1. Penghargaan Platinum Awards (Juara Umum) PRIA 2020 Kategori Pemerintah Provinsi;

2. Pemenang PRIA 2020 Kategori Pemerintah Provinsi Terpopuler di Media;

3. Best Presenter PRIA 2020 Kategori Pemerintah Provinsi – Rinaldi, S.I.Kom., M.Si., Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta;

4. Departemen PR – Kinerja Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta;

5. Media Sosial DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta – @layananjakarta;

6. Video Profil DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta yang berjudul Jakarta Investment Centre;

7. Pra Krisis DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta;

8. Program Government PR – DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Urus Izin Sendiri itu Mudah;

9. Program Digital PR – DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Mini Seri di-AJIBin Aja.

 Online Ceremony

Penyelenggaraan Anugerah PRIA 2020 seyogianya akan digelar di Semarang,31 Maret sd.2 April 2020 didahului dengan konferensi dan workshop. Namun,menyusul wabah Covid-19 yang menyebar di Indonesia, serta mematuhi kebijakan pemerintah dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka pihak penyelenggara memutuskan untuk menggelar Anugerah PRIA 2020 secara online.

“Awarding online, sungguh adalah hal yang sangat baru bagi kami. Belum pernah sebelumnya kami membuat acara dengan jumlah massa besar secara online. Tapi, kami harus mencoba, sekaligus segera menuntaskan puncak acara PRIA 2020.

Alhamdulillah, para pendukung acara tidak berkeberatan. Terima kasih kepada Anda semua, peserta dan pemenang PRIA 2020, serta para sponsor yang telah mendukung agenda ini berlangsung,” ujar Ketua Pelaksana PRIA 2020, CEO PR Indonesia, Asmono Wikan dalam sambutannya melalui live streaming The 5th PRIA 2020 yang mengangkat Tema Harmoni Kolaborasi di Panggung Komunikasi tersebut.

Dalam kondisi pandemi ini, Asmono berpesan agar seluruh praktisi Kehumasan dapat mengerahkan seluruh kemampuannya untuk bersama membantu masyarakat agar bangkit melewati krisis.

Dirinya juga mengucapkan selamat kepada pemenang PRIA 2020 dan berharap kinerja Kehumasan dapat memberikan kemaslahatan yang luas bagi publik.

“Dalam situasi seperti ini komunikasi menjadi begitu penting maknanya, komunikasi yang mencerahkan, komunikasi yang memberikan harapan kepada publik untuk lekas bangkit melewati krisis. Semoga kerja komunikasi Anda memberi kemaslahataan yang luas bagi publik,” pungkas Asmono.

Sebagai informasi tambahan, Adapun Juri PRIA 2020 merupakan para pakar dan praktisi di bidang Komunikasi dan Kehumasan yang kredibel di Indonesia, diantaranya Asmono Wikan, Founder dan CEO PR Indonesia Group, Sekjen Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat; Maria Wongsonagoro, PR Indonesia Guru, Presiden IPM Public Relations; Jojo S. Nugroho, Managing Director Imogen PR, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI); Nurlaela Arif, Director Communication and Alumni Relations School of Business Management ITB Bandung;

Noke Kiroyan, Presiden Komisaris Kiroyan Partners; Janette Maria Pinariya, Dekan PR, Marketing Communication, and International Relations LSPR Jakarta; Adita Irawati, Staf Penasihat Khusus Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Staf Khusus Bidang Komunikasi 2018-2019 Presiden Republik Indonesia; Elvera N. Makki, Presiden ABC-Indonesia Chapter; Salman Noersiwan, Communication Director International Society of Sustainability Professionals;

Ika Sastrosoebroto, Presiden Direktur Prominent PR; Arbain Rambey, Fotografer Senior KOMPAS; Titis Widyatmoko, Editor in Chief Brilio.net; Jonathan Krissantosa, Brand Strategist dan Consultant; Anastasia Octacian, Associate Design Director DM ID; SAM August Himmawan, Direktur PT Dasa Strategik Indonesia, Redaktur Pelaksana Majalah CSR.id

Foto 1 DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Meraih 9 Penghargaan dalam kompetisi Public Relations Indonesia Awards  (PRIA) 2020

Foto 2 Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi dinobatkan sebagai Best Presenter dalam Anugerah Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020

Foto 3: Program Mini Seri Di-Ajibin Aja menjadi salah satu program unggulan yang dilombakan

Foto 4 DPMPTSP  Provinsi DKI Jakarta senantiasa mengemas program kampanye “Urus Izin Sendiri Itu Mudah” dengan cara unik dan menarik
.

(Red/Rinaldi/Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta/Angelina Larasati/Tim Media DPM & PTSP )