DKI Jakarta Kembali Gelar Car Free Day Hari Ini

Bogor Now Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jakarta kembali digelar hari ini, Minggu (21/6/2020). CFD kembali digelar setelah sebelumnya ditiadakan menyusul melonjaknya kasus virus corona di DKI Jakarta.

Namun, pelaksanaan CFD di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi ini berbeda dari biasanya. Untuk waktunya saja dibatasi, yakni mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00 WIB.

“Hari Minggu sudah ada HBKB (car free day), tetapi pedagang kaki lima tidak diperbolehkan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

Masyarakat yang ingin datang untuk berolahraga di area CFD Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin juga harus mengikuti protokol kesehatan virus corona atau Covid-19. Warga harus menggunakan peralatan sendiri dan tidak boleh digunakan secara bergantian baik sesama rekan maupun keluarga.

Kemudian, warga harus menjaga jarak aman satu sama lain, menggunakan masker, dan tidak berkerumun. Rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

Membawa hand sanitizer, dan sebelum serta sesudah melaksanakan kegiatan CFD dilakukan penyemprotan disinfektan.

Bagi warga yang melanggar bakal ada sanksinya, berupa kerja sosial atau denda administratif. . (Red)