FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN

Hukum Pendidikan

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Pendidikan berdasarkan undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas,yaitu Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan,akhlak mulia,serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat,bangsa dan negara. 

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak,maksudnya yaitu menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. 

Dalam pendidkan terdapat beberapa faktor antara lain: 

  1. Faktor tujuan 

Dalam kegiatan pastinya kita akan membahas apa yang akan kita tuju, dalam pembahasan tersebut pastinya yang akan membawakan dampak positif salah satunya bagaimana cara mencerdaskan peserta didik. 

  1. Faktor pendidik 

Dalam faktor Pendidikan di bagi menjadi dua kategori 

  1. Pendidikan menurut kodrat,Pendidikan kodrat ini yang di berikan kepada orang tua kepada anaknya melalui kasih sayang. 
  2. Pendidikan menurut jabatan,guru di beri tanggung jawab oleh orang tua murid untuk mengajarkan sikap-sikap baik sebagai kelanjutan orang tua di rumah.
  3. faktor lingkungan 

lingkungan merupakan faktor ke dua untuk peserta didik setelah keluarga, di mana lingkungan juga berpengaruh untuk pertumbuhan peserta didik.

  1. Faktor materi 

Merupakan sebuah faktor berupa materi yang akan di sampaikan oleh pendidik kepada peserta didik,materi yang akan di sampaikan merupakan materi yang baru atau yang lagi banyak di bicarakan. 

Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa faktor merupakan faktor yang menunjang untuk kedepan yang lebih baik lagi,dari faktor di atas maka dapat menjadi acuan untuk mensukseskan Pendidikan kedepannya.  

(Red/krismi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta semester 3 )