Hari Ini,Achmad Yurianto : Pasien Covid-19 Terus Bertambah,Jangan Sering Keluar Rumah

Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kasus pasien positif virus Corona atau COVID-19 di Indonesia telah mencapai angka 8.607 per hari ini, Sabtu (25/4/2020).

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan terdapat beberapa cara agar masyarakat tak tertular virus Covid-19. Salah satunya agar tetap di rumah dan jarang berpergian ke luar rumah.

“Untuk mencegah tertular, tetap tinggal di rumah. Karena kita enggak pernah tau siapa orang yang di luar rumah yang membawa virus, banyak sekali orang tanpa gangguan membawa virus di dalam tubuhnya.

Ada virus tetapi tidak ada keluhan sama sekali atau mungkin keluhan yang sangat ringan,” kata Yuri dalam jumpa pers di kantor BNPB, Sabtu (25/4/2020).

Yuri menuturkan penuluran Covid-19 tak bisa dilihat dengan kasat mata saja. Dari itulah, masyarakat pun belum bisa membedakan mana yang terpapar mana yang tidak.

Di sisi lain, Yuri meminta agar masyarakat mematuhi larangan pemerintah yang dimana tidak memperbolehkan mudik lebaran tahun 1441 H.

“Jangan mudik kita harus memastikan kita tidak tertular atau malah mungkin kita menjadi sumber kita tidak menularkan ke orang lain,” tegasnya.

Dia menekankan mudik ke kampung halaman memiliki resiko tertular ataupun menularkan virus corona ini.

Hal ini dikarenakan antara satu individu dengan individu lainnya saling berkontak baik di kendaraan umum, terminal, bandara ataupun tempat lainnya.

“Karena disinilah ruang yang paling memungkinkan kita untuk tertular atau kita sumber menularkan ke orang lain manakala kemudian harus menyebar ke keluarga kita yang memiliki kerentanan di kampung halaman,” paparnya.(Red)