Informasi Terkini dan Penjelasan Operasional Batik Air Penerbangan ID-7540 Rute Yogyakarta Adisutjipto Tujuan Jakarta Halim Perdanakusuma

Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan informasi terbaru sehubungan layanan nomor penerbangan ID-7540 rute dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta (JOG) menuju Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta (HLP), bahwa telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Penerbangan Batik Air ID-7540 dipersiapkan dengan baik. Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LBY sebelum diberangkatkan menuju Halim Perdanakusuma sudah menjalani pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight).

Batik Air ID-7540 mengudara pada jadwal keberangkatan pukul 16.26 WIB. Dalam penerbangan ini, Batik Air membawa tujuh kru dan 145 tamu.

Pilot melakukan persiapan pendaratan, namun mendapat informasi dari pengatur lalu lintas udara Bandar Udara Halim Perdanakusma masih terdapat kepadatan di bandar udara sehingga pesawat harus berputar (holding), lebih dari satu jam. Dalammemastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK). Keputusan tersebut adalah sudah sesuai prosedur operasional.

Keadaan tersebut selalu diinformasikan oleh pilot maupun awak kabin kepada seluruh tamu Batik Air pada penerbangan dimaksud.

Pesawat mendarat secara normal di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 18.55 WIB. Sesaat setelah mendarat dan posisi pesawat sudah sempurna di landas parkir, seluruh tamu diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu keberangkatan, guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sesuai dengan prosedur setiap pesawat yang akan diterbangkan kembali adalah kewajiban pilot yang akan menerbangkannnya untuk melakukan pengecekan penggantian salah satu ban pesawat yang diluar jadwal penggantian dan membutuhkan pengerjaan kurang lebih 30 menit. Keputusan tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselematan penerbangan selanjutnya.

Batik Air juga menawarkan kepada seluruh tamu apakah akan turun (kedatangan) di Soekarno-Hatta atau ke Halim Perdanakusuma, para tamu memilih untuk melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LBY diterbangkan ke Halim Perdanakusuma pukul 20.45 WIB, tanpa membawa tamu.

Batik Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Batik Air lainnya tidak terganggu.

*** Selesai ***

*) Untuk pernyataan ini, rekan media dapat menggunakan kutipan dari narasumber Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro.

Kontak Informasi dan Media

CORPORATE COMMUNICATIONS

Management Office – Lion Air Tower

Gajah Mada Street No.7, 3rd Floor, Central Jakarta, Indonesia

www.lionair.co.id  | www.batikair.com

Danang Mandala Prihantoro

Corporate Communications Strategic