Kader PDIP Kota Solo Siap Dukung Siapapun Yang Direkomendasikan DPP PDI Perjuangan

Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,SOLO-Ratusan kader dan simpatisan PDIP di Kota Solo yang tergabung dalam Komunitas Pejuang Demokrasi PDIP Kota Solo mendatangi Kantor DPC PDIP Solo, Sabtu (18/1/2020). Kedatangan mereka untuk menyampaikan pernyataan sikap terkait Pilkada Kota Solo.

Menurut Ketua Komunitas Pejuang Demokrasi PDIP Kota Solo, Bambang Rusiantono, mereka siap mendukung siapapun bakal calon wali kota yang direkomendasikan DPP PDIP pada Pilkada Solo 2020.

“Kami ingin menyampaikan sikap kami. Situasi politik yang berkembang ini terutama di DPC PDIP saat ini dimana masyarakat umum mengira DPC tidak tegak lurus atau tidak sesuai dengan arahan dari bu Ketum Megawati Soekarnoputri,” jelas Bambang.

Dalam aksi itu ada empat poin pernyataan sikap yang dibacakan di depan Kantor DPC PDIP Kota Solo. Yakni Tidak menolak siapapun yang maju untuk menjadi calon wali kota dan wakil wali kota yang akan maju dalam Pilkada Solo.

Selain itu semua fungsionaris, kader, anggota dan simpatisan PDIP Kota Solo diminta bersikap menahan diri dan menyerahkan keputusan kepada DPP PDIP atau Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menentukan calon wali kota dan wakil wali kota yang layak dicalonkan dalam Pilkada Solo 2020.

Poin ketiga, adalah mereka menegaskan siap mengamankan segala keputusan DPP PDIP atau Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Pernyataan terakhir adalah semua fungsionaris, kader, anggota dan simpatisan PDIP Kota Solo taat dan patuh kepada keputusan DPP PDIP sesuai instruksi ketua umum pada Rakernas I Tahun 2020 di Jakarta.

“Kami sebagai kader menyampaikan sikap kepada DPC PDIP yang merupakan pengurusnya saudara kita sendiri supaya tetap setiap kepada instruksi Ketua Umum PDIP. Kita saling mengingatkan sehingga PDIP tetap solid,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut Bambang mengatakan saat ini ada dua bakal calon wali kota yang menunggu rekomendasi DPP, yakni Achmad Purnomo dan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Siapapun yang akan direkomendasikan, pihaknya akan mendukung.

Pernyataan sikap tersebut diserahkan kepada Departemen Satgas dan Posko DPC PDIP Kota Solo, Agus Wahyu Priyono. Menurut Agus, aksi tersebut dilakukan secara spontan.

“Karena tidak ada pemberitahuan ke kantor sebelumnya. Tapi kami menghimbau kepada semua pihak untuk menunggu rekomendasi dari DPP PDIP,” ujarnya. (Red)