Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Hadiri Peresmian N250 Gatot Kaca

Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com, YOGYAKARTA, – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S. E., M.P.P., menghadiri peresmian monumen pesawat PA-01 N-250 Gatot Kaca, yang diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta, Rabu (26.8/20).

Salam sambutannya Panglima TNI menyampaikan pesawat N250 Gatot Kaca adalah bukti kehebatan dan kecintaan anak bangsa kepada negaranya serta kecintaan kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, pesawat ini mengusung teknologi Fly By Wire dan berbagai teknologi canggih saat itu dan telah melambungkan nama Indonesia di dunia penerbangan internasional.

“Tujuan menempatkan pesawat N250 Gatot Kaca di Muspusdirla adalah untuk mengabadikan buah karya terbaik anak bangsa sekaligus bentuk penghargaan yang tinggi terhadap bapak teknologi Indonesia Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI berharap agar generasi muda melanjutkan perjuangan Bapak B.J. Habibie meraih kemandirian dalam teknologi dirgantara serta membangun Indonesia sebagai bangsa yang maju.

Senada dengan Panglima TNI, Direktur Umum dan SDM PT. Dirgantara Indonesia Sukatwikanto menjelaskan pesawat N250 Gatot Kaca sendiri pada tanggal 10 Agustus 1995 berhasil melakukan penerbangan perdana, namun karena krisis moneter 1998 proyek pesawat tersebut terpaksa dihentikan.

“Saya yakin dan percaya pesawat N250 Gatot Kaca akan menjadi inspirasi generasi muda, untuk mengikuti jejak Pak Habibie dalam membuat pesawat terbang,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkogabwilhan III, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Pangdam IV Diponegoro, Asrena Kasau, Asintel Kasau, Asops Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau, Dankodiklatau, Dankoharmatau, Kadisdikau, Kadiskuau, Kadispenau, Danlanud Adi Sutjipto, Direktur Umum dan SDM PT. DI, Kepala BPPT, Kepala Program N250, Pilot pesawat N250, dan Forkopimda DIY.

(Autentifikasi :Kadispenau)