Keindahan Objek Wisata Taman Nasional Bunaken

Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR.com,,YOGYAKARTA-Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado-Sulawesi Utara dengan luas 8,00 km persegi, tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari pemerintah kota Manado yang merupakan ibu kota Sulawesi Utara.

Bunaken yang merupakan singkatan dari “Pamunakeng” yang mempunyai arti tempat mendarat dari sebuah perahu. Taman Nasional Bunaken ini terdapat sebuah taman laut yang sangat indah yang terdapat disekitar pulau Manado Tua (Mantehade dan Siladen).

 Untuk menikmati suasana bawah laut Bunaken Anda harus menyelam kedalam. Pesona bawah laut yang menakjubkan akan Anda dapat temukan disini, ada sekitar 13 jenis terumbu karang yang menjulang terjal vertical kebawah kedalam sekitar 25-50 meter.

Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang disuguhkan oleh sekitar 91 species ikan yang ada di Taman Laut Bunaken.

Pemandangan bawah laut Bunaken yang sangat mempesona memang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, berbagai species trumbu karang yang sangat menakjubkan dengan bentuknya yang unik membentuk lekukan yang indah membuat mata Anda akan terpukau olehnya, disamping itu keindahan yang dihasilkan dari terowongan-terowongan mungil yang ada dibawah laut yang mustahil ditemukan ditempat lain.

Bagi para traveler yang menyukai daiving, tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut.

Rute perjalanan menuju ke Taman Nasional Bunaken dari Manado ke Pulau Bunaken sendiri perjalanan dilanjutkan melewati pelabuhan yang ada di Manado menuju Marina Blue Banter dan Marina Nusantara Diving Center (NDC) dikecamatan Molas, waktu yang ditempuh kuranng lebuih 30 menit.

Setelah sampai di Marina Blue Banter masih diperlukan 10-15 menit perjalanan dengan menggunakan kapal pesiar menuju lokasi penyelaman.

Untuk masalah tiket masuk kawasan wisata Taman Nasional Bunaken, Anda bisa memperolehnya dengan membeli di kota Manado tepatnya dikantor Taman Nasional Bunaken,selain itu Anda juga bisa memperolehnya dibeberapa counter penjualan tiket yang ada di desa Liang (Pulau Bunaken) atau di Siladen.

Jika Anda ingin berkunjung ke Bunaken sebaiknya Anda memilih pada bulan Mei-Agustus karena pada bulan-bulan tersebut kondisi air laut disekitar kepulauan Bunaken sangat jernih dan suhunya yang hangat, kondisi ini sangat baik sekali untuk melakukan kegiatan penyelaman karena jarak pandangnya yang bisa dijangkau bisa maksiamal.

(red/Eni Noviandari. Kampus: Untuk Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)