KENAKALAN REMAJA BAKAR PETASAN DI UTAN JAYA DEPOK

Bogor Now Hukum

KORANBOGOR.COM.DEPOK. Ketenangan masyarakat di bulan ramadan kembali terganggu. Salah satunya oleh kenakalan remaja yang kerap menyalakan petasan di tengah perumahan warga.

Inilah yang terjadi Di Jalan Musholah Al Abbasiyah Utan Jaya, Kelurahan Pondok Jaya Citayam, Depok, Jawa Barat (10/05).

Aksi kenakalan para remaja ini terjadi pada minggu 10 mei pukul 02:30 wib jelang sahur. Sekitar 7 orang remaja terpantau berkumpul di depan musholah Al Abbasiyah Utan Jaya, Kelurahan Pondok Jaya, Citayam Depok. 

Pantauan wartawan koranbogor.com Para pelaku pembakar petasan juga terlihat tak memperdulikan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, dengan berkumpul tanpa menggunakan masker.

Aturan tegas terkait petasan sebenarnya sudah ada dengan ancaman hukuman yang jelas. Yaitu pada pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Bahan Peledak dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Aturan lainnya juga ada dalam Pasal 187 KUHP ayat 1 yang menyatakan barang siapa dengan sengaja  menimbulkan ledakan, kebakaran atau banjir diancam pidana penjara paling lama 12 tahun bila perbuatan tersebut menimbulkan bahaya  bagi umum dan bagi barang.

Sementara itu pada ayat 2 dengan pindana  paling lama 15 tahun penjara bila perbuatan  tersebut membahayakan bagi nyawa orang lain.

\Dan ayat 3 dengan pidana seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun, bila perbuatan tersebut menimbulkan bahaya bagi nyawa orang lain dan mengikibatkan orang mati. (Red/nyo)