Korlantas Polri Dan Jasa Raharja Serahkan 200 Paket Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Bogor Now Hukum

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Jasa Raharja dan Korlantas Polri menyerahkan bantuan 200 paket bahan pokok kepada masyarakat terdampak ekonomi karena pandemik Covid-19, Jumat (15/5), di Aula Korlantas Polri. Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto dan Direktur Operasional Jasa Raharja Amos Sampetoding beserta beberapa jajaran Pejabat Utama menyerahkan langsung bantuan tersebut.

Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Jasa Raharja dan Korlantas Polri terhadap pandemik yang terjadi melalui penyaluran paket bahan pokok dari Program Bina Lingkungan Jasa Raharja.

Sehubungan dengan penanggulangan Covid-19, Jasa Raharja melalui Program Bina Lingkungan menyalurkan bantuan sebesar Rp2,7 miliar untuk penyediaan sarana dan prasarana kesehatan serta Alat Pelindung Diri (APD) dan Bansosmas (Bantuan Sosial Masyarakat) berupa bahan pokok yang pendistribusiannya bersinergi dengan instansi dan lembaga terkait di seluruh wilayah Kantor Jasa Raharja. Bantuan tersebut akan terus bergulir memperhatikan kondisi pandemik Covid-19 yang berlangsung.

Setelah kegiatan penyaluran bantuan paket bahan pokok di Korlantas Polri, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau dua pos check point, yakni di Tol Jakarta-Cikampek KM 31 dan KM 47, sambil menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan makanan/minuman ringan kepada petugas jaga.

Hal tersebut merupakan wujud empati dan dukungan Jasa Raharja bersama Korlantas Polri kepada para petugas garda terdepan yang selalu siap dan sigap membantu kelancaran operasional pelaksanaan posko check point untuk memutus rantai penyebaran pandemik Covid-19.

“Kami tentunya sangat berharap seluruh petugas yang bekerja di lapangan senantiasa diberikan kesehatan serta tetap semangat dalam menjalankan tugas,” ujar Budi Rahardjo.

Setelah diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemik Covid-19 yang melanda Indonesia, Jasa Raharja yang bertugas melayani masyarakat khususnya dalam penyerahan santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas dan alat angkutan umum tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta tidak mengurangi tanggung jawabnya dalam menyerahkan santunan kepada yang berhak.

Budi Rahardjo menyebutkan, jumlah santunan yang diserahkan pada Mei 2020 karena PSBB sudah mulai berlaku turun 34 persen dibanding Mei 2019. Hal tersebut menunjukkan jika imbauan pemerintah juga efektif menurunkan angka kecelakaan, di samping mencegah penularan pandemik Covid-19.

Adapun pada periode Januari s.d. Mei 2020, Jasa Raharja telah menyerahkan Rp870 miliar hak atas santunan bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan. Nilai tersebut mengalami penurunan 7 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Jasa Raharja berharap menurunnya aktivitas jumlah penyerahan santunan dapat terus berkelanjutan. Walaupun nantinya imbauan untuk diam di rumah dan tidak mudik sudah dicabut pemerintah.

“Dengan demikian, hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga keselamatan diri dalam berkendara semakin tinggi,” tutup Budi. (Red)