Lingkungan Yang Kondusif Untuk Proses Pembelajaran di Sekolah

Hukum Kampus Kita

YOGYAKARTA-Salah satu faktor penting yang dapat memaksimalkan pembelajaran bagi anak adalah penciptaan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

Lingkungan pembelajaran dalam hal ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan.

Sedangkan kondusif berarti kondisi yang benar-benar sesuai dan mendukung keberlangsungan proses pembelajaran.

Proses pembelajaran merupakan interaksi antara anak dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga pada diri anak terjadi proses pengolahan informasi menjadi pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai hasil dari proses belajar, hal tersebut juga akan tercapai jika lingkungan belajar di sekolah juga berjalan dengan kondusif. 

Lingkungan belajar siswa di sini terbagi dua, ada lingkungan fisik dan lingkungan sosial.

  1. Lingkung fisik disini yang di maksud adalah kondisi lingkungan yang ada di sekitar siswa, seperti penataan lingkungan kelas  untuk pembelajaran siswa. Penataan tersebut berupa pengaturan pencahayaan di dalam kelas, pencahayaan perlu di atur karena jika pencahayaan kurang atau terlalu terang di dalam suatu kelas maka akan mengganggu proses belajar, begitu juga dengan pengaturan suhu di kelas juga perlu di atur, beberapa sekolah tentu ada yang berada dekat dengan jalan raya, dan tentu banyak kendaraan yang melewati jalan tersebut, dengan keadaan itu di haruskan juga guru untuk menutup jendela dan pintu di kelas karena polusi dari kendaraan yang melewati jalan tersebut akan masuk kedalam kelas dan mengganggu proses belajar, tidak hanya proses belajar tetapi juga kesehatan. Di dalam kelas juga harus tenangan disaat pembelajaran atau tidak mengeluarkan suara-suara dan bunyi yang tidak perlu saat sedang berlangsungnya pembelajaran, hal ini di butuhkan supaya apa yang di ajarkan guru akan dengan mudah di pahami oleh peserta didik.

Lingkungan sosial,dalam hal ini tentu saja harus ada kerjasama lingkungan di sekitar sekolah atau masyarakat dengan pihak sekolah, banyak sekolah yang terletak di tengah lingkungan masyarakat,dan untuk menjaga keamanan dan ketenangan dalam berlangsungnya proses belajar dan mengajar di sekolah, maka harus ada kerjasama antar pihak sekolah dan masyarakat atau tokoh masyarakat di sekitarnya.

Tidak hanya masyarakat yang ikut menjaga proses belajar, akan tetapi guru pun juga harus menjaga supaya murid fokus dengan pelajaran dan tidak teralihkan ke suara yang dari lingkungan sekitar sekolah.

Dengan cara,  menjaga kondisi kelas tetap tenang dan nyaman tentu guru harus bisa memiliki dan menerapkan strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan bagi anak agar anak tidak jenuh dalam belajar dan membuat fokus mereka teralihkan.

(red/Yolanda,,Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta  )