Mahfud MD : Telah Terjadi Dugaan Korupsi Di Asabri Diatas Rp 10 Triliun

Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan telah terjadi dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri).

“Saya mendengar ada isu korupsi di Asabri yang mungkin itu tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya. Di atas Rp 10 triliun itu,” kata Mahfud di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Mahfud menyampaikan hal itu usai mendengar hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Asabri adalah perusahaan asuransi jiwa bersifat sosial yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan undang-undang dan memberikan perlindungan finansial untuk kepentingan prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri. 

Mahfud mengatakan tak sekali Asabri tersangkut kasus korupsi. Saat dirinya menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Asabri tersangkut korupsi dan sudah diadili. Ia merasa heran dengan isu korupsi terkini Asabri dengan nominal korupsi yang lebih besar.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku prihatin dengan dugaan kasus tersebut. Karena dana yang terhimpun dalam Asabri adalah uang para prajurit dari kelompok menengah bawah.

“Asabri itu punyanya orang kecil. Itu punyanya prajurit. Polisi, tentara yang pensiun-pensiun yang pangkatnya kecil.

Itu kan banyak yang nggak punya rumah, nggak bisa keluar,” tandasnya. (Red)