Marak Rentenir,Pemuda Muhammadiyah Ciseeng Siap Advokasi Warga

Bogor Now Hukum

KORANBOGOR.com,BOGOR-Maraknya aktifitas lembaga keuangan mikro yang berada di wilayahnya, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Ciseeng menghimbau warga agar berhati-hati. Pasalnya, saat ini banyak warga yang terjerat pinjaman berbunga tinggi. 

Menyikapi hal tersebut, Ahmad Suraji, ketua PCPM Ciseeng menyampaikan kesiapannya mengedukasi dan mengadvokasi masyarakat agar tidak mudah meminjam uang untuk keperluan konsumtif.

Menurutnya, pinjaman yang dilakukan harus dengan tujuan yg lebih produktif serta lebih selektif dalam memilih perusahaan.

“Warga agar lebih berhati-hati dalam mengakses pinjaman mikro, sebisa mungkin pinjaman yang dilakukan untuk tujuan produktif seperti membuka atau mengembangkan usaha” ujar Aji saat memberi keterangannya pada Selasa (26/11).

Ihwal kesiapannya dalam mengedukasi dan mengadvokasi warga, pihaknya saat ini telah membentuk tim.Nantinya tim ini akan bekerja dengan tujuan agar masyarakat sadar tentang bahaya rentenir dan juga berbagai jenis perusahaan jasa kredit berjiwa rentenir.

“Fakta di lapangan yang menindas tidak hanya rentenir, tetapi juga perusahaan-perusahaan yang memberikan jasa pinjaman berwatak seperti rentenir” lanjut Aji.

Selain itu, disampaikannya bahwa saat ini Pemuda Muhammadiyah Ciseeng juga sedang menyiapkan lembaga pembiayaan berupa koperasi.

Dirinya berharap hal ini bisa menjadi solusi di tengah merajalelanya praktek rentenir yang dinilai meresahkan.