Media Pembelajaran Kreatif dengan Canva untuk Mengajar Murid di Rumah

Bogor Now Hukum Pendidikan sekolah Wisata

Sumber: https://static-cse.canva.com/_next/static/assets/education_og_image.1200×630.9a5ce597387256a7228cbd992de053f3.jpg

KORANBOGOR.com,BOGOR-Media pembelajaran kreatif kini semakin beragam. Tak hanya berpatok terhadap konsep lama, ada banyak metode yang dapat dilakukan tenaga pengajar seperti guru. Penggunaan internet untuk materi belajar kreatif, desain misalnya, kini semakin digandrungi oleh banyak kalangan.

Penting bagi guru dan dosen untuk menyadari bahwa belajar dengan kreatif sangatlah penting, terlebih ketika melihat tugas-tugas yang diberikan.

Desain, Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Kreatif

Secara garis besar, desain grafis adalah proses komunikasi dalam bentuk visual serta pemecahan masalah melalui penggunaan elemen seperti tipografi, fotografi, ikonografi hingga ilustrasi. Sementara itu, aktivitas terkait gambar dan visualisasi kerap dikaitkan dengan desain grafis.

Mereka yang sedang berkiprah dalam kegiatan desain grafis, memadukan simbol, gambar dan teks guna membentuk representasi visual atas ide atau pesan yang ingin disampaikan.

Hasil dari proses desain grafis bisa mencakup banyak macam dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu?

Desain perusahaan seperti logo, desain editorial majalah atau buku, poster pendidikan, iklan, laman situs, kartu undangan pernikahan, kemasan produk dan sebagainya. Banyak, bukan? Maka dari itu, desain grafis penting untuk diajarkan sejak dini.

Sebagai tenaga pendidik, sudah saatnya Anda membuka mata tentang prospek belajar desain grafis pada usia anak dan remaja.

Tak harus menunggu pendidikan di perguruan tinggi, hal-hal seperti ini dapat dimulai di bangku sekolah. Bedanya, pendekatan tersebut harus disesuaikan.

Pelajar usia anak hingga remaja bisa jadi tak akan langsung tahu atau menangkap maksud dari penjelasan terkait desain grafis di atas.

Sebagai guru, uraikan poin-poinnya dengan sederhana agar mudah dimengerti. Anda dapat memberikan topik materi kreatif lewat poin selanjutnya.

5 Materi Kreatif Guru untuk Bahan Mengajar Murid di Rumah

Setelah membaca definisi dasar terkait desain grafis untuk kebutuhan sehari-hari di atas, kini saatnya Anda telaah lebih dalam materi kreatif apa yang hendak disampaikan pada murid. Baik di sekolah ataupun kelas online, penjelasan tersebut harus ringkas, padat dan jelas.

Materi seperti apa yang hendak diajarkan untuk murid? Sebagai rekomendasi, kalangan guru dapat membeberkan daftar materi kreatif sebagai berikut:

1. Permainan Warna

Aspek pertama untuk belajar desain grafis adalah warna. Elemen yang satu ini bisa dibilang paling dominan dan relatif, sehingga persepsi setiap orang bakal berbeda. Anak-anak biasanya menyukai warna yang lembut dan terang, tergantung kesan dalam pikiran mereka sendiri.

Sebagai metode perkenalan desain grafis, Anda bisa melakukan tes seperti permainan warna. Jenis-jenis games ini dapat diaplikasikan lewat tugas ataupun kuis. Satu sisi, jenis aktivitas yang satu ini juga dapat mendeteksi kemampuan mata pada seperti antisipasi buta warna.

2. Belajar Tipografi

Tipografi adalah studi tentang jenis font. Salah satu aspek besar dalam proses belajar desain grafis adalah memahami bentuk-bentuk huruf tersebut. Terdengar rumit saat menghitung banyaknya jenis font, namun hal itu bisa diatasi lewat penyampaian yang tepat sejak dini.

Memahami perbedaan antara Times New Roman dan Sans Sherif misalnya, dapat menjadi batu pijakan bagi murid agar dapat menyesuaikan desain dengan pilihan font. Kelak hal tersebut bakal berdampak ketika dia mempelajari format pembuatan kartu ucapan, logo dan sebagainya.

3. Desain Kartu Unik

Setelah belajar dengan warna dan jenis font, kini saatnya praktikkan kemampuan dengan membuat desain kartu unik! Proses yang satu ini melibatkan berbagai macam elemen secara kompleks namun tetap menarik. Biarkan dia mengeksplorasi aspek-aspek tersebut.

Proses pembuatan desain seperti ini dapat diterapkan pada berbaga jenis, contohnya kartu ucapan selamat ulang tahun. Asah kemampuan murid lewat tugas yang memiliki kaitan akan hal tersebut. Ajarkan pula elemen lain seperti tata letak, memilih kalimat dan elemen lain.

4. Menciptakan Logo

Desainer grafis profesional bisa mendapatkan penghasilan yang besar dengan menciptakan logo untuk perusahaan. Sebelum mencapai titik tersebut, ada baiknya Anda sebagai tenaga pengajar memberikan edukasi dan pakem yang tepat agar murid mampu menciptakan logo sendiri.

Kreativitas kadang sulit diukur lewat kasat mata. Maka dari itu, berikan kebebasan bagi murid untuk menjelajah imajinasi liarnya. Desain grafis tak menaruh pakem khusus, ia hanya perlu diasah agar hasil yang dihasilkan tak berpatok pada standar konvensional.

5. Edit Foto & Gambar

Terdengar mudah, namun kadang sulit saat dicoba. Tak beda jauh dengan empat materi barusan, edit foto dan gambar adalah kemampuan yang harus dipelajari seseorang bahkan sejak usia dini. lewat bimbingan yang tepat, ia bisa mempercantik foto dan mengubahnya secara estetis.

Kebutuhan edit foto serta gambar bertujuan untuk memberi sentuhan apik agar sedap dipandang. Tak hanya kelas amatir, sosok profesional seperti fotografer pun harus bisa memberikan yang terbaik di luar kemampuan memotret gambar. Masih banyak orang salah kaprah dengan hal ini!

***

Seluruh hal di atas dapat dipelajari secara efektif lewat platform desain yang tepat. Hal tersebut salah satunya bisa Anda dapat melalui Canva untuk Pendidikan sebagai media pembelajaran bagi segala kalangan, khususnya pelajar. Agar lebih jelas, ikuti caranya berdasarkan poin berikut…

Langkah Menggunakan Canva Pro Sebagai Media Pembelajaran

Salah satu cara agar proses belajar desain grafis lebih mudah dan seru adalah menggunakan Canva untuk Pendidikan sebagai media pembelajaran yang efektif. Tools yang tersedia amatlah intuitif, sehingga mampu menciptakan proses komunikasi visual jadi lebih mudah.

Awali dengan mendaftarkan sekolah Anda pada laman Canva untuk Pendidikan. Ikuti caranya di bawah ini:

1. Isi formulir dengan informasi mengajar Anda

2. Tim kami akan memverifikasi aplikasi Anda

3. Anda akan menerima email konfirmasi

4. Libatkan seluruh kelas

Kebutuhan desain grafis untuk murid, mampu dipenuhi lewat Canva. Tak hanya itu, Anda sebagai guru juga dapat mempelajari kiat membuat  presentasi, infografis, situs web, laporan, lembar kerja, poster, selebaran dan papan iklan. Keuntungan lainnya meliputi:

– Lebih dari 60 ribu template

– Lebih dari 2 juta gambar

– Lebih dari 800 ribu ikon dan ilustrasi

– Lebih dari 700 font

– Akses konten dari Google Drive, Dropbox, Folder

– Desain lebih menarik dengan Giphy, Youtube, dan kode QR

– Terintegrasi dengan Google Classroom

***

Seluruh fitur penjelasan diatas ada dalam Canva untuk Pendidikan yang tidak berbayar alias gratis. Setiap guru kelas 1 hingga kelas 12 dapat mendaftar di Canva untuk Pendidikan dan menggunakan semua template desainnya, termasuk template desain premiumnya secara gratis untuk pengajaran di kelas. 

Tunggu apalagi? Berangkat dari penjelasan di atas, praktikkan metode pembelajaran desain grafis untuk mengajar murid di rumah secara mudah mulai dari sekarang!

(Red/rilis)