Mendikbud Rancang Sistim Pendidikan 10 Tahun Kedepan

Hukum

KORANBOGOR.com.JAKARTA-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan dirinya serius membenahi pendidikan di Indonesia. Hal ini diungkap ketika Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X.

“Yang akan kita lakukan adalah membuat rencana 10 tahun ke depan untuk kesinambungan dan masa depan negara,” kata Nadiem di kompleks parlemen, Rabu (6/11/2019).

Salah satu cara yang ditempuh untuk tujuan itu yakni memberdayakan tenaga pendidikan. Dia memastikan bakal berkolaborasi dengan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Menristekdikti) Bambang Brodjonegoro.

“Tidak usah khawatir karena saya dan Pak Bambang sudah selaras,” kata Nadiem.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta ada terobosan dalam kurikulum pendidikan. Hal ini harus menjadi fokus Nadiem.

“Kementerian yang dipimpin oleh Mendikbud baru bisa melihat dan mencermati lagi seluruh regulasi yang ada sehingga bisa menempatkan pendidikan sebagai aspek utama dalam proses itu sendiri,” kata Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat.

Politikus NasDem yang akrab disapa Rerie ini melihat masalah pendidikan sangat kompleks. Butuh penyelesaian secara komprehensif dan terstruktur. Dia berharap Nadiem bisa membenahi sistem pendidikan secara menyeluruh. (Red)