Mengajar di Era Digital

Hukum Kampus Kita Pendidikan

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Dunia tengah memasuki revolusi digital atau industrial ke empat. Perkembangan informasi dan komunikasi yang sangat pesat dan memberikan pengaruh yang sangat pesat terhadap dunia pembelajaran terutama pada pendidik dan peserta didik.

Mengajar merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan tenaga pendidik agar dapat terjadi proses peralihan ilmu pengetahuan serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.

Di era digital ini guru mempunyai kewajiban serta memberikan perhatiannya secara penuh kepada peserta didik agar mereka belajar dengan baik dan menikmati proses pembelajaran.

Pendampingan guru sangat penting bagi peserta didik agar mereka mengikuti arus digital yang positif agar mereka dapat mengembangkan bakat yang lebih mudah.

Peserta didik pada saat ini dapat dikatakan sebagai generasi digital, karena mereka lahir dan berkembang di era digital. 

Sebagai guru haruslah merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era digital, proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Ketika proses belajar yang diberikan guru sangat menyenangkan atau tidak membosankan maka peserta didik semakin semangat dalam belajar serta guru memberikan evaluasi pembelajaran agar peserta didik tahu bagaimana mereka harus belajar agar siswa menjadi sang juara.

Di era ini guru tidak hanya mengajarkan cara menulis, membaca dan menghitung, tetapi juga harus bisa menyesuaikan pembelajaran learning manager agar siswa dapat manfaatkan dengan baik metode pembelajaran berbasis teknologi. Pada saat ini siswa dapat mengakses semua hal dengan sangat mudah melalui media internet. 

Proses belajar mengajar pada saat ini yang seharusnya komunikasi yang dibangun oleh guru tidak satu arah lagi namun dalam proses belajar mengajar lebih terbuka terhadap penyaringan ide untuk memicu diskusi yang aktif agar peserta didik dapat berfikir kritis dan guru juga harus bisa mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik.

Pada proses belajar mengajar ini siswa dapat memanfaatkan secara baik dan mngembangkan potensi di era digital.

Di era digital proses belajar mengajar ini sangat memudahkan peserta didik dan pendidik dalam dalam proses belajar mengajar, serta memudahkan peserta didik dalam belajar.

Tetapi guru juga harus selalu menyiapkan materi yang menarik dan selalu memotivasi siswa untuk selalu semangat dalam belajar.

(Red/ Ayu PurnamasariNIM   : 2018015030Asal   : YogyakartaStatus : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )