Pendaftar Kartu Prakerja Tahap Pertama,Mayoritas Warga Pulau Jawa

Bogor Now Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pendaftar Program Kartu Prakerja pada tahap I masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Dari total pendaftar pada tahap I yang dibuka sejak 11 April hingga 16 April 2020 tercatat 5,96 juta orang, mayoritas pendaftar berasal dari daerah-daerah di Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato mengatakan para pendaftar tersebut mayoritas berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Banten. Setelah itu dari Aceh hingga Papua Barat.

“Kami terima mulai dari Jawa Barat hingga Gorontalo termasuk Aceh dan Papua Barat. Yang terbanyak Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten kemudian daerah-daerah yang diprediksi mengalami (tekanan) akibat pandemi (virus corona),” katanya saat telekonferensi.

Dari sisi usia mayoritas pendaftar rentang umur 18-25 tahun, menyusul umur 25-35 tahun.

Usia pendaftar sesuai dengan harapan pemerintah yang menitikberatkan pada pencari kerja baru usia produktif dan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Dari segi umur terbanyak adalah mereka berusia 18-25 tahun, 25-35 tahun ini menunjukkan program kartu prakerja yang seluruhnya end to end digital, ternyata diminati dan dapatkan respons dari masyarakat,” tururnya.

Airlangga memastikan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Koperasi UKM, akan membantu memberikan pendampingan pendaftaran.

Selain itu, membantu menyediakan beberapa komputer untuk masyarakat di tempat yang ditentukan Pemerintah Daerah agar dapat mengikuti pelatihan yang dipilih. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan online.

“Kami apresiasi seluruh kementerian dan lembaga yang mendukung program ini. Pemerintah daerah yang juga men-support program ini terutama dengan pendaftaran yang diberikan bantuan lewat kantor dinas di daerah,” kata Airlangga. (Red)