Pendidikan Perdamaian untuk Laguna yang Damai: Program Orientasi dan Workshop untuk Guru-Guru Departemen Pendidikan di Daerah Pila

Bogor Now Hukum Internasional

KORANBOGOR.com,PILA, LAGUNA—Pada tanggal 8 Januari 2021, 431 guru-guru dari 16 sekolah dari Divisi Departemen Pendidikan (DepEd) di daerah Laguna-Pila bergabung dalam Program Orientasi dan Workshop Pendidikan Perdamaian virtual.

Program itu disediakan oleh Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light (HWPL), sebuah organisasi internasional non-pemerintah yang berpusat di Korea Selatan. HWPL telah merancang 12 Materi Pendidikan Perdamaian yang dapat diterapkan ke dalam sistem pendidikan dari banyak negara-negara, termasuk Filipina.

Bertemakan, “Menumbuhkan Pengajar-Pengajar Perdamaian untuk Laguna yang Damai,” program ini bertujuan untuk membekali pengajar-pengajar dengan 12 Pelajaran Pendidikan Perdamaian dan memperkaya isi dari Modul-modul Pendidikan Perdamaian di setiap tingkat pendidikan sehingga dapat merefleksikan karakter-karakter institusi-institusi pendidikan yang terbaik.

“Di masa lalu, kita hanya melihat bahwa sekolah kita adalah zona damai, tetapi pertanyaannya adalah, bagaimanakah sekolah kita bisa menjadi zona damai?” kata Dr. Marites A. Ibañez, Pemimpin Sekolah-Sekolah dari Divisi Daerah Laguna DepEd IV-A, dalam pesan yang inspirasional. Dia juga menekankan nilai pendidikan perdamaian yang mempengaruhi tidak hanya kepada murid-murid tetapi juga para orang tua, guru-guru, dan anggota-anggota komunitas lainnya.

Setelah mendengarkan pesan inspirasional, murid-murid yang telah berpartisipasi dalam program pendidikan perdamaian mempersembahkan sebuah pertunjukan dengan menyanyi “We Are the World” dan “Heal the World” melalui layar pertemuan virtual.

Pada sesi pagi, sebuah peninjauan mengenai 12 Materi Pendidikan Perdamaian dan standar rencana pembelajaran diperkenalkan.

Selama workshop, pengajar-pengajar menuliskan rencana pembelajaran dengan mengikuti panduan-panduan untuk memodifikasi materi-materi instruksi menjadi lebih baik bagi murid-murid. Materi-materi instruksi yang telah dikembangkan akan digunakan dalam pencobaan untuk sekolah-sekolah di daerah IV – A yang akan dimulai dari Pila, Laguna.

Untuk menjangkau lebih banyak murid selama pandemi, Departemen Pendidikan terus melakukan proyek-proyek pendidikan termasuk pendidikan perdamaian melalui modalitas pembelajaran yang lebih fleksibel dan terjangkau. Untuk ini, Dr. Florentina C. Rancap, Supervisor Sekolah-Sekolah Daerah dari Divisi Laguna DepEd (PSDS) – Daerah Pila, membagikan rencana mereka untuk menyiarkan materi pelajaran mingguan di sebuah stasiun radio lokal Radio Pinagpala (Blessed Radio) mulai tanggal 19 Januari.

“Aku tertantang untuk meningkatkan pendidkan perdamaian tidak hanya untuk satu tingkat sekolah, tetapi mulai dari TK sampai Kelas 12,” dia menambahkan.

Sejak 2016, HWPL telah membangun kerjasama dengan 72 sekolah-sekolah dan institusi-institusi pendidikan di Filipina termasuk Commission on Higher Education (CHED) untuk peningkatan pendidikan perdamaian. Sebelum workshop ini, HWPL telah melakukan 2 workshop untuk 62 sekolah dan pencobaan untuk 8 sekolah di Kota Cotabato pada bulan November 2019 dan Januari 2020 yang lalu.

HWPL akan mengadakan workshop lain dan program orientasi untuk 2 universitas negeri dan fakultas (SUC) di bawah Daerah V CHED pada tanggal 14-15 Januari dan untuk 71 SUC di bawah Daerah II CHED pada tanggal 22 Januari.