Pengoperasian Terminal Baru “Syamsudin Noor” Kalimantan Selatan Lion Air Group Melayani 38 Penerbangan Setiap Hari

Hukum

KORANBOGOR.com,BANJARBARU-Lion Air (kode penerbangan JT)Wings Air (kode penerbangan IW)  dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group mengumumkan akan memindahkan dan mengoperasikan seluruh layanan penerbangan ke Terminal Baru Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan (BDJ) mulai 10 Desember 2019.

Saat ini Lion Air Group mempunyai 39 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) dari dan menuju Bandar Udara Syamsudin Noor. Jadwal penerbangan pada keberangkatan (schedule time departure/ STD) dan kedatangan (schedule time arrival/ STA) tidak mengalami perubahan.

Lion Air Group sangat senang menyambut gedung terminal bernuansa baru berbasis kearifan lokal yang akan semakin memberikan kenyamanan kepada seluruh pengguna jasa.

Terminal baru masih berlokasi satu kawasan terminal lama, untuk akses dari arah Banjarmasin dapat melalui Jalan Gubernur Syarkawi, Jalan Sukamara, Jalan Kurnia atau Jalan Golf, sedangkan dari arah Banjarbaru dan Martapura, bisa lewat Jalan Karang Anyar 1, Jalan Kebun Karet, Jalan Sapta Marga dan Jalan Bina Putra.

Pintu keberangkatan semua penerbangan domestik dan layanan pelanggan (customer services) Lion Air Group berada di lantai 1. Untuk memberikan kenyamanan penumpang selama berada bandar udara, Lion Air Group menggunakan dan mengoperasikan fasilitas delapan meja pelaporan (check-in) yaitu enam check-in counter Lion Air, dua untuk Wngs Air dan satu khusus Batik Air.  Ruang tunggu (boarding gate) berada di lantai 2 terdiri dari nomor gate 1 melayani internasional dan gate 3, 5, 6 dan 8 difungsikan penerbangan domestik Lion Air Group.

Dalam proses penanganan bagasi (baggage handling) kedatangan, layanan pelaporan bagasi (lost and found) berada di lantai 1.

Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan salah satu provinsi unggulan dan Lion Air Group sudah lama menjadikan Bandar Udara Syamsudin Noor sebagai salah satu kota fokus serta penghubung (hub). Banjarmasin dikenal kota seribu sungai, merupakan wilayah yang dikelilingi Sungai Barito, Sungai Kuin dan Sungai Martapura. Kawasan ini menghadirkan pilihan wisata bahari, wisata alam, wisata satwa, wisata belanja, wisata kuliner dan sebagainya.

Kehadiran penerbangan Lion Air Group diharapkan mampu mempermudah konektivitas dengan tetap Lion Air mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, sehingga berkontribusi menggeliatkan potensi ekonomi daerah dari sektor wisata, perdagangan dan bisnis.

Ketersediaan jadwal penerbangan saat ini adalah fokus utama Lion Air Group sebagai bagian mengakomodir kebutuhan perjalanan udaraantardestinasi. Selain itu, dinilai akan semakin melengkapi pilihan penerbangan langsung dan lanjutan (connecting) menggunakan waktu keberangkatan yang tepat. Dengan demikian connectivity Kalsel bisa ditempuh dalam jangka waktu relatif pendek, nyaman, aman dan terjangkau.

Dari Banjarmasin bisa terbang ke Balikpapan, Batulicin, Kotabaru, Tarakan, Palangkaraya, Makassar, Palu, Manado, Sorong, Jayapura, Ambon, Jakarta, Kertajati Majalengka, Surabaya, Denpasar, Semarang, Yogyakarta, Solo dan destinasi popular lainnya.

Lion Air Groupmenyampaikan selamat dan sukses kepada PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandar udara, regulator serta seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kalimantan Selatan atas dimulainya pengoperasian Terminal Baru Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor.

Lion Air Group juga mengapresiasi atas kerjasama dan koordinasi yang baik kepada seluruh karyawan Lion Air Group bersama pihak terkait, diharapkan sintergitas rencana pengoperasian terminal baru berjalan dengan lancar seiring upaya menyediakan layanan terbaik.

Lion Air Group optimis, peluang besar yang terdapat di Kalsel dengan dikolaborasikan secara baik bersama para pelaku industri, infrastruktur, maskapai serta pihak terkait lainnya dapat mendongkrak kunjungan wisatawan maupun bisnis ke Banjarmasin dan destinasi sekelilingnya.

Sebagai informasi untuk penerbangan Lion Air Group di Kalimantan Selatan telah beroperasi di Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor, Bandar Udara Bersujud yang terletak di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (BTW) dan Bandar Udara Gusti Syamsir Alam di Stagen, Pulau Laut Utara, Kotabaru (KBU).

Himbauan Perjalanan

Agar setiap penerbangan menyenangkan, Lion Air dan Wings Air menawarkan “tren bepergian simpel”. Apabila akan membawa bagasi saat bepergian maka bisa membeli bagasi. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi. Konsep ini memberikan nilai lebih ekonomis serta terjangkau yang disesuaikan kebutuhan.

Penumpang atau tamuyang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel)www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pembelian bagasi harga lebih hemat dapat dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Setiap penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Bagasi terdaftar (tercatat) ditimbang dan dibawa ke bagasi (kompartemen kargo) pesawat, diberi label khusus bagasi yang menunjukkan kota tujuan dan nomor seri bagasi. Tanda bagasi tersebut juga akan ditempel pada lembar masuk pesawat (boarding pass). Hal ini harus ditunjukkan pada petugas di terminal kedatangan, guna tujuan verifikasi dan identifikasi.

Lion Air Group mewajibkan barang-barang berharga atau bernilai dibawa ke dalam kabin untuk alasan keamanan, seperti perhiasan, uang, surat/ dokumen penting, kamera, ponsel, laptop. Barang atau benda yang dibawa ke kabin adalah tanggungjawab penumpang dan harus dibawah pengawasan pribadi.

Lion Air Group melarang tidak membawa barang atau benda ke bagasi tercatat dan bagasi kabin, yaitu yang dapat membahayakan penerbangan, antara lain bahan peledak, bahan kimia/ zat beracun, cairan mudah terbakar, benda padat mudah terbakar, material radioaktif dan gas bertekanan.

Lion Air Group menghimbau kepada seluruh penumpang untuk check-in lebih awal 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang ketika check-inCounter check-in Lion Air Group di akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik.

*** Selesai ***

*) Untuk pernyataan ini, rekan media dapat menggunakan kutipan dari narasumber Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Informasi Penerbangan Lion Air Group

Rute Lion AirFrekuensi Terbang
Banjarmasin – Soekarno-Hatta, Tangerang9 kali per hari
Banjarmasin – Kertajati Majalengka1 kali per hari
Banjarmasin – Semarang1 kali per hari
Banjarmasin – Yogyakarta Adisutjipto1 kali per hari
Banjarmasin – Surabaya9 kali per hari
Banjarmasin – Denpasar1 kali per hari
Banjarmasin – Denpasar via Surabaya6 kali per hari
Banjarmasin – Mataram Lombok via Surabaya4 kali per hari
Banjarmasin – Balikpapan1 kali per hari
Banjarmasin – Tarakan via Surabaya1 kali per hari
Banjarmasin – Palu via Balikpapan1 kali per hari
Banjarmasin – Makassar1 kali per hari
Banjarmasin – Manado via Makassar1 kali per hari
Banjarmasin – Ambon via Makassar1 kali per hari
Banjarmasin – Jeddah via Banda Aceh2 kali per bulan
Rute Batik Air 
Banjarmasin – Soekarno-Hatta, Tangerang1 kali per hari
Rute Wings Air 
Banjarmasin – Balikpapan3 kali per hari
Banjarmasin – Batulicin1 kali per hari
Banjarmasin – Kotabaru2 kali per hari
Banjarmasin – Palangkaraya via Balikpapan2 kali per hari
Banjarmasin – Berau via Balikpapan3 kali per hari
Banjarmasin – Malinau via Balikpapan1 kali per hari
Banjarmasin – Mamuju via Balikpapan1 kali per hari
Banjarmasin – Tanjung Selor via Balikpapan1 kali per hari

Kontak Informasi dan Media

CORPORATE COMMUNICATIONS

Management Office – Lion Air Tower

Gajah Mada Street No.7, 3rd Floor, Central Jakarta, Indonesia

www.lionair.co.id  | www.batikair.com

Danang Mandala Prihantoro

Corporate Communications Strategic