Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi di Sekolah Dasar pada Abad 21 

Hukum Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.co,,YOGYAKARTA-Perkembangan teknologi informasi dari zaman ke zaman semakin berkembang dan mengalami peningkatan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan di sekolah dasar sangat diperlukan untuk berbagai kepentingan termasuk dalam media pembelajaran.

Selain digunakan untuk media pembelajaran, teknologi informasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Dengan pemanfaatan yang baik dapat mempermudah proses pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, dapat menarik perhatian siswa dan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Pemanfaatan teknologi dapat digunakan guru dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa. Selain sebagai alat pembelajaran bagi siswa dan alat komunikasi, pemanfaatan teknologi informasi juga berguna bagi guru dalam proses pengajaran.

Guru dapat menjadi contoh atau roll model dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi secara baik dan cara penggunaan yang benar.

Pemanfaan teknologi informasi akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan, juga dapat meningkatkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Pemanfaatan teknologi akan menjadikan inovasi bagi guru dalam belajar mengajar selain itu dapat tercipta suasana yang lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penggunaan media lcd proyektor salah satu pemanfaatan teknologi dalam proses belajar, dengan adanya teknologi guru akan lebih mudah dalam menyapaikan materi yang akan diajarkan.

Adanya teknologi mempermudah siswa dalam mencari atau mengumpulkan informasi terkait dengan materi yang diajarkan.

Pentingnya pemanfaatan pembelajaran teknologi informasi di SD sebagai upaya untuk menghadapi pendidikan pada abad 21.

Pada abad 21 ini terjadi perkembangan teknologi yang semakin canggih, hal tersebut berpengaruh dalam pendidikan sekolah dasar dimana pengetahuan dan pemanfaatan teknologi bagi siswa sekolah dasar perlu diajarkan dan diterapkan untuk mengahadapi abad 21 ini.

Perkembangan teknologi abad 21 ini menjadikan teknologi semakin maju dan berkembang, dimana guru dapat tergantikan oleh teknologi apabila guru tersebut tidak dapat mengatasi kemajuan dan perubahan zaman. 

Pembelajaran abad 21 ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi guru dalam dunia pendidikan.

Terutama dalam penggunaan teknologi, guru harus mampu menjadi contoh bagi siswa agar dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dan dapat menggunakan teknologi dalam pembelajaran atau mencari informasi yang berkaitan materi pelajaran.

Hal tersebut dikarenakan pada abad 21 ini teknologi dapat tersedia dimana saja dan kapan saja. Guru maupun orangtua harus mengawasi dan memantau siswa dalam menggunakan teknologi. Selain itu guru dapat memanfaatkan teknologi sebagai alat komunikasi pada orang tua siswa dalam memantau kegiatan siswa selama dirumah.

Selain itu pada abad 21 ini guru dituntut untuk terampil dalam menyampaikan materi yang diajarkan salah satunya dengan mengguanakn teknologi sebagai media pembelajaran.

Sesuai dengan peratuan yang ditetapkan oleh Permendikbud no 37 pasa 2A tahun 2018 tentang kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) pada jenjang sekolah dasar berbunyi “Muatan Informatika pada SD/MI digunakan sebagi alat pembelajaran dan dapat dipelajari melalui ekstrakulikuler atau pada muatan lokal.

Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan dasar peserta didik dalam mengembangkan kemampuan di era globalisasi saat ini.

Perlu adanya penambahan pelajaran muatan informatika pada kompetensi dasar pada jenjang sekolah dasar untuk menyiapkan generasi muda menghadapi era digital pada abad 21 yang semakin berkembang.

(Red/ Nailis Zulfatinni’amah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  )