PERAN PELAJAR DALAM MENANGKAL RADIKALISME

Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Peran seorang plajar dalam menangkal radikalisme  sangat penting dalam perkembangan negara Indonesia tanpa adanya pelajar yang berfikir kritis maka radikalisme ini mudha sekali berkembang di Indonesia ini.

Karena pelajar adalah ujung tombak negara ini. Maka dari itu pelajar ini harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak menyimpang dalam bermasyarakat.

Dalam menangkal radikalisme perlu setrategi yang baik agar radikalisme ini tidak merusak bangsa ini melalui perbedan. Pelajar,anggota masyarakat yang belajar mengenbangkan potensi diri melalui pembelajar dimana pun tempatnya oleh karena itu pelajar dapat berpengaruh terhadat kemajuan bangsa dengan menangkal berbagai macam radikalisme yang ada di indonesia ini. mengapa pelajar sangat penting dalam hal tersebut karena pelajar mudah terkena radikalisme oleh sekelompok yang mementingkan dirinya sendiri tanpa melihat hal yang akan terjadi di masa yang akan datang, untuk mencegah hal tersebut di perlukan kecintaan terhadap negara Indonesia ini tanpa ada rasa kencintaan maka hal tersebut tidak akan dapat berjalan.

Munculnya radikalisme di sebabkan oleh warga negaranya sendiri yang tidak mencintai negaranya sendiri, entah mengapa hal itu bisa terjadi mungkin di dalam dirinya sudah tidak  ada rasa kekeluargaan.

Menjadi masyarakat yang tangguh tidak mudah apalagi dengan kondisi ekonomi yang sekarang ini, maka diperlukan kerja sama setiap anggota masyarakat.

Di mana diperlukan pelajar sebagai pemersatu bangsa ini. Demi keamanan persatuan maka radikalisme perlu diberantas dengan cara yang baik melalui musyawarah antara golongan masyarakat dan pelajar untuk mengatasi radikalisme. 

Untuk mencapai kedamaian yang adil dan beradap maka diperlukan kedisiplinan dan ketangguhan agar bisa menahan semua goncangan  apapun dimanapun kita berada.Radikalisme tidak akan bisa berkembang di negara yang persatuannya kuat dan masyarakatnya tangguh.

Demi kesatuan bangsa ini para pelajar sangat di harapkan agar bisa memberantas segala bentuk radikalisme dalam bentuk apanpun, melalui kerja sama yang baik dan bertanggung jawa. Maka akan tercapailah negara yang berisi dari radikalisme.

Cara mengatasi agar tidak muncul dan berkembang masyarakat dan pelajar harus sebagai berikut ini:

a. tidak langsung menerima hal baru tanpa menyaring terlebih dahulu 

b. harus saling menjaga persatuan 

c. memiliki tujuan yang sama

d. berkarakter kebangsaan

e. tidak mementingkan diri sendiri.

Dengan begitu maka radikalisme tidak akan bisa berkembang di Indonesia. dengan adanya kerja sama dan tujuan bersama maka akan  terjadilah negara yang adil dan makmur.

Landasan negara maju itu perlu pelajar yang berkarakter kebangsaan dan memiliki cita cita yang tinggi untuk menjadi kan negara ini maju dan damai.

(Red /  Rizal Akroman,Universitas Sarjanawiyata Tamansisiwa Yogyakarta )