Polda Sumut Panggil Dahnil Anhar Simanjuntak

Hukum

KORANBOGOR.com,MEDAN-Polda Sumatera Utara (Sumut) memanggil koordinator Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai saksi kasus makar.

Berdasarkan surat panggilan yang beredar di media sosial, Senin (27/5/2019), diketahui kalau surat panggilan untuk Dahnil ditandatangani Jumat (24/5/2019) oleh Kasubdit I Tindak Pidana Keamanan Negara (TP Kamneg) Polda Sumut AKBP Simon Paulus Sinulingga sebagai penyidik, atas nama direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut.

Dalam surat panggilan bernomor S.Pgl/1320/V/2019/Ditreskrimum itu tidak dijelaskan Dahnil menjadi saksi untuk siapa, namun disebutkan kalau perkara yang membuat ketua umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah itu dijadikan saksi, dilaporkan oleh Fauzi Ramadhan Singarimbun pada 8 Mei 2019 dan diregistrasi Polda dengan nomor LP/659/V/2019/SUMUT/SPK I.

Surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) perkara ini diterbitkan pada 17 Mei 2019 dengan nomor SP-Dik/217/V/2019/Ditreskrimum.

Dahnil diminta datang ke Polda pada Selasa (28/5/2019) pukul 10:00 WIB untuk menghadap penyidik bernama Kompol M Syahrul A Rambe dan Iptu Azuar Anas di Ditreskrimum Polda Sumut.

Sebelumnya, pada Minggu (26/5/2019) RMOL Sumut mengabarkan kalau Polda Sumut memanggil enam orang untuk dimintai keterangan kasus makar.

Pemanggilan itu diketahui berdaasarkan foto surat panggilan yang beredar di media sosial.

Berdasar surat itu diketahui kalau yang dipanggil adalah Ustad Heriansyah (Ketua GNPF Sumut), Angga Fahmi (Mahasiswa UMSU), Fatra, Prabu Alam Syahputra dan Indra Suheri (Pengurus FUI Sumut), serta Rinaldi (Pengurus ACT).

Keenam orang itu diperiksa karena dilaporkan seseorang bernama Suheri Prasetyo karena diduga melakukan tindak pidana makar pada Sabtu 4 Mei 2019 di Jalan Brigjen Katamso-MT Haryono-Jl Sisingamangaraja, Medan.

Pada surat panggilan itu disebutkan mereka dimintai keterangan sebagai saksi dan diminta menghadap penyidik pada Unit II Subdit 1 Keamanan Negara, Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Sumut.

Ustad Heriansyah dipanggil untuk diperiksa pada Senin (27/5/2019); Angga Fahmi, Prabu Alam Syahputra dan Indra Suheri dipanggil untuk hadir pada Selasa (28/5/2019); dan Fatra serta Rinaldi dipanggil untuk diperiksa pada Rabu (29/5/2019) (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.