Polisi Tegas Bertindak,443 Kendaraan Coba Masuk Ke Sumatera Diminta Putar Balik

Bogor Now Hukum

KORANBOGOR.com,SERANG-Sebanyak 443 kendaraan diminta putar balik karena nekat melakukan perjalanan mudik menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten. Penyekatan dilakukan di Gerbang Tol Cikupa dan keluar Gerbang Tol Merak.

“Pada hari pertama kita melakukan penyekatan di Gerbang Tol Cikupa sampai arah Pelabuhan Merak sebanyak 257 baik kendaraan roda dua, roda empat, dan lebih. Pada hari kedua 186 kendaraan diminta putar balik,” kata Dirlantas Polda Banten Kombes Wibowo.
Dijelaskan Wibowo, penyekatan terhadap kendaraan yang akan mudik sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melarang melakukan perjalanan mudik. Hal itu dilakukan guna menekan, memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Sasaran kita pada pemudik yang akan menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak. Sedangkan kendaraan yang diizinkan seperti membawa sembako, alat medis, perbankan yang diizinkan kita berikan prioritas menuju pelabuhan,” ujar Wibowo.

Menurutnya, menjelang hari raya Idul Fitri kendaraan yang akan nekat mudik diprediksi akan bertambah. Sehingga penyekatan akan terus dilaksanakan hingga 31 Mei 2020 mendatang.

“Mengimbau kepada seluruh masyarakat harus memahami dan mengerti dengan situasi saat ini dan mengikuti kebijakan pemerintah agar tidak mudik. Yang dilakukan pemerintah adalah untuk menjaga masyarakat seluruhnya,” tuturnya