Polri Tetapkan 41 Pelaku Tersangka Penyebar Hoax Corona

Bogor Now Hukum

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menetapkan 41 pelaku penyebar informasi palsu soal virus corona alias Covid-19. Begitu disampaikan oleh Kasubagops Ditipidsiber Bareskrim Polri AKBP Rizki Prakoso dalam keterangan resminya, Jumat (20/3).

“Jenis berita bohong yang kerap diunggah oleh para pelaku adalah adanya informasi bahwa virus corona telah menyebar di daerah tertentu, adanya jumlah korban yang telah terinfeksi virus corona dan ada pasien di rumah sakit dikabarkan meninggal akibat virus corona padahal karena hal lain,” jelas Rizki.

Dari 41 orang pelaku dan telah ditetapkan tersangka, hanya tiga orang yang dilakukan penahanan yakni kasus yang ditangani di Polres Metro Jakarta Timur Polda Metro Jaya, Polres Ketapang Polda Kalimantan Barat, dan Dittipidsiber Bareskrim Polri. Rizki menghimbau, agar masyarakat tidak menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya.

Masyarakat perlu memberikan empati kepada para penderita, para dokter dan perawat yang bekerja keras dalam situasi seperti ini, “Bilamana masyarakat memerlukan informasi terkait Virus Corona/ Covid-19 agar mengakses laman situs resmi pemerintah https://www.covid19.go.id/,” katanya.

“Polri terus melakukan upaya patroli secara online atau patroli siber untuk mencegah beredarnya berita-berita hoax,” pungkas Rizki . (Red)