Presiden Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Bisnis RI-Belanda Rp14,3 Triliun

Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,BOGOR-Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia menyambut baik kerja sama antara Indonesia dan Belanda termasuk sejumlah kerja sama bisnis mencapai sekitar 1 miliar dolar AS atau Rp 14,3 triliun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pernyataan pers bersama dengan Raja Belanda Willem Alexander di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (10/3/2020).

“Sejumlah kerja sama antar bisnis juga dilakukan dengan nilai yang cukup besar mencapai kurang lebih 1 miliar dolar Amerika,” kata Presiden Jokowi.

Kerja sama tersebut meliputi berbagai bidang dan sebelumnya juga telah ditandatangani kerja sama yang dinilai baru dan penting antara kedua negara.

Beberapa di antaranya yakni di bidang produksi kelapa sawit berkelanjutan, kerja sama dalam isu perempuan, perdamaian, dan keamanan, serta pengelolaan pengendalian penyakit menular.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Belanda adalah salah satu mitra penting di Indonesia yang berada di kawasan Eropa.

“Salah satu mitra strategis di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Di kawasan Eropa, Belanda adalah mitra dagang Indonesia terbesar kedua, mitra investasi terbesar pertama dan mitra pariwisata terbesar ke-4,” katanya.

Presiden Jokowi menyambut baik kunjungan Raja dan Ratu Belanda yang secara khusus datang ke Indonesia pada 9-13 Maret 2020 dengan diserta rombongan pengusaha Belanda dalam jumlah yang besar.

Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerrut mengajak lebih dari 100 pengusaha dari negaranya ke Indonesia untuk menjajaki kerja sama bisnis dan investasi dengan para pelaku usaha di Indonesia.

“Lebih dari 100 perusahaan bergabung dengan saya dalam kunjungan ini karena mereka melihat pentingnya hubungan dan masa depan hubungan antara Indonesia dengan Belanda,” kata Raja Willem Alexander dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Joko Widodo