Presiden Tiongkok : Bantuan Arab Saudi Akan Terukir Di Hati Orang Tiongkok

Bogor Now Hukum Internasional Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Tiongkok berkomitmen membantu Arab Saudi memerangi epidemi virus corona baru (COVID-19). Hal itu lantaran Arab Saudi sempat membantu Tiongkok saat virus corona meletus di Wuhan Tiongkok dimana warga Arab Saudi memberikan bantuan kepada Tiongkok dengan banyak bantuan materi.

“Itu akan terukir di hati orang-orang Tiongkok, bangsa Tiongkok bangsa yang berterima kasih dengan membalas budi dengan memberikan bantuan,” kata Presiden Tiongkok Xi Jinping saat berbicara dalam sambungan telepon dengan Raja Salman, seperti dikutip Xinhua, Sabtu (28/3).

Tiongkok, lanjut Xia bersedia berbagi pengalaman dalam pencegahan dan pengendalian epidemi dengan Arab Saudi dan membantu Arab Saudi untuk pasokan medis. Dengan begitu, kedua negara menjaga keamanan global dan regional dalam menjaga kesehatan masyarakat.

“Tiongkok siap untuk bergandengan tangan dengan Arab Saudi untuk meningkatkan rasa saling percaya, meningkatkan kerja sama praktis di berbagai bidang dan mengangkat kemitraan strategis komprehensif ke tingkat baru,” harap Xi.

Sedangkan Raja Salman mengapresiasi langkah pemerintah Tiongkok yang telah berhasil megatasi wabah COVID-19. Menurutnya keberhasilan Tiongkok telah mengirim sinyal positif ke seluruh dunia. “Tiongkok akan segera memenangkan pertempuran dan tumbuh lebih kuat,” kata Raja Salman.

Menurut Raja Salman, Arab Saudi dan Tiongkok adalan teman yang mempunyai hubungan bilateral dalam pasang dan surut. “Kami berterima kasih kepada Tiongkok karena memberikan bantuan dalam pengujian dan pasokan medis,” jelasnya. “Rakyat Saudi tidak akan melupakan itu dan akan selalui beridi teguh dengan Tiongkok,” tambahnya.

Arab Saudi menurutnya akan belajar dari pengalaman Tiongkok yang sukses dalam melawan epidemi COVID-19 dengan pertukaran kerja sama dan perawatan kesehatan.

Di sisi lain, Raja Salman menyampaikan terima kasih atas dukungan Presiden Xi untuk Arab Saudi saat menjadi tuan rumah KTT pemimpin luar biasa G20 yang membahas COVID-19. Arab Saudi akan terus memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Tiongkok dalam kerangka G20 untuk mengatasi krisis COVID-19 secepatnya.

Sumber Berita: rri.go.id