Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika

Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR.com,BANTUL– Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM).

Kegiatan PPM itu berupa pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar matematika dengan menggunakan Latex dan Geogebra di SMP Muhammadiyah se-Kecamatan Pleret.

Kegiatan diawali pada 7 – 8 Agustus 2019 berupa penyuluhan dan pelatihan bahan ajar matematika dengan menggunakan Latex dan Geogebra  bertempat di SMP Muhammadiyah Pleret, Bantul, diikuti guru-guru matematika SMP Muhammadiyah Pleret dan MBS Pleret. 

Kemudian, kegiatan dilanjutkan pada 13 September 2019 di SMP Muhammadiyah Pleret berupa pendampingan pembelajaran matematika dengan menggunakan Geogebra. 

Kegiatan pengabdian itu menghadirkan narasumber Rusmining, M.Pd dan Dian Ariesta Yuwaningsih, M.Sc, keduanya dosen Pendidikan Matematika FKIP UAD Yogyakarta. Selain itu, juga melibatkan salah seorang mahasiswa bernama Diyan Fiki Iskandar sebagai narasumber. 

Pada kesempatan itu Rusmining, M.Pd memaparkan jenis-jenis bahan ajar matematika, dilanjutkan pembuatan bahan ajar matematika dengan menggunakan Latex oleh Dian Ariesta Yuwaningsih, M.Sc.

Sedangkan Diyan Fiki Iskandar memaparkan materi tentang Geogebra dan penggunaannya dalam pembelajaran geometri di sekolah. 

Menurut tim pelaksana pengabdian, kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan mendapatkan tanggapan yang positif dari para guru, kepala sekolah, serta siswa. 

“Guru merasa sangat terbantu dengan diadakannya kegiatan pengabdian ini, terutama menambah wawasan para guru tentang bahan ajar matematika dan cara penggunaanya,” kata Rusmining, M.Pd, didampingi Dian Ariesta Yuwaningsih, M.Sc.

Bagi Dian AY, siswa sangat antusias saat pembelajaran matematika menggunakan software Geogebra.

“Harapan dari kepala sekolah dan para guru adalah perlu diadakan kegiatan lanjutan yang serupa guna menambah wawasan dan ketrampilan guru dalam membelajarkan matematika kepada siswa,” ungkap Dian AY, MSc, Senin (28/10/2019). (Affan)